Tips Agar Tetap Aman Saat Solo Travelling

Travelling atau jalan-jalan menjadi opsi untuk orang-orang sebagai pelepas penat dan jadi hadiah untuk diri sendiri. Beberapa orang melakukan travelling dengan keluarga, teman, tapi ada

Syadir

Sumber: unsplash.com - @bayevs
Sumber: unsplash.com - @bayevs

Travelling atau jalan-jalan menjadi opsi untuk orang-orang sebagai pelepas penat dan jadi hadiah untuk diri sendiri. Beberapa orang melakukan travelling dengan keluarga, teman, tapi ada juga yang nyaman untuk melakukan travelling sendiri. Terkadang, beberapa keindahan alam dan tempat- memang terasa lebih menyenangkan jika dikunjungi sendiri.

Melakukan solo travelling juga tidak kalah seru dengan melakukan travelling bersama orang lain. Dengan pergi ke sebuah tempat seorang diri, kita jadi menjadi lebih bebas untuk menentukan waktu dan lokasi untuk pergi ke sebuah tempat. Solo travelling juga sangat menghemat biaya karena bepergian sendiri cenderung lebih murah dibandingkan dengan orang lain. Selain itu, solo travelling juga memiliki manfaat yang membuat kita bisa menjadi percaya diri dan lebih mandiri.

Namun, keamanan menjadikan hal yang terpenting dalam melakukan solo travelling. Sendirian di tempat asing membuat kita perlu untuk menjaga diri secara ekstra. Maka dari itu, melakukan solo travelling membuat kita menjadi harus lebih hati-hati.  Yuk, intip beberapa agar Anda tetap aman saat melakukan solo travelling.

1. Pilih Akomodasi yang Aman

Saat pergi travelling, hal yang paling penting adalah di mana Anda akan menetap. Penginapan yang nyaman dan aman adalah pilihan yang terbaik saat Anda pergi sendirian. Pilihlah tempat penginapan yang memiliki tingkat keamanan yang bagus dan selalu pastikan untuk melihat di sebelum memilih. Hal itu bisa membantu Anda dalam menentukan tempat penginapan yang aman untuk ditinggali. Selain itu, pilihlah penginapan yang tidak terlalu jauh dari tempat yang ingin Anda kunjungi untuk memudahkan Anda dalam menemukan lokasi.

2. Siapkan Agenda Perjalanan

Sebelum pergi menjelajahi suatu tempat, Anda sebaiknya menyiapkan agenda perjalanan. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam memilih lokasi yang tepat untuk bepergian. Menyiapkan agenda perjalanan juga menghindari Anda dari lokasi yang terlalu jauh dari lokasi lainnya.

Selain itu, adanya agenda juga bisa membantu Anda mengetahui jam operasional tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Menyiapkan agenda perjalanan juga dapat membantu untuk Anda mengetahui lokasi yang sudah tutup dan yang masih beroperasi. Dengan menyiapkan agenda perjalanan, Anda dapat menyiapkan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat yang satu dan tempat yang lain sesuai dengan jam operasional mereka.

3. Ketahui Rute Transportasi

Jika pergi ke sebuah tempat asing, sering kali membuat kita bingung ke mana arah dan jalannya. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai rute transportasi tempat-tempat yang ingin dikunjungi.

Selain itu, beberapa lokasi memiliki tarif yang mahal untuk taksi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, atau transportasi umum lainnya untuk menghemat biaya perjalanan. Anda bisa mengunduh rute untuk kereta dan bus untuk melihat jadwal operasionalnya.

4. Jangan Lupa Membawa Obat-obatan

Hal terpenting saat mengunjungi tempat asing sebagai solo traveller adalah membawa obat-obatan. Ini dikarenakan untuk membantu Anda jika ada saat-saat genting yang mengharuskan meminum obat tertentu.

Selain itu, bawalah vitamin untuk menjaga imunitas tubuh Anda agar tetap terjaga saat melakukan solo travelling. Bawalah juga stok masker sebagai persediaan untuk menghindari Anda terpapar virus dan polusi. Oleh karena itu, bawalah obat-obatan sebagai antisipasi masalah yang mungkin Anda alami.

5. Bawa Semua Dokumen Penting

Mengunjungi suatu tempat memang mengharuskan Anda untuk membawa dokumen penting yang diperlukan. Apalagi saat Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat yang berlokasi di luar negeri yang mengharuskan Anda membawa paspor, tiket pesawat, dan bukti pemesanan hotel.

Selalu pastikan untuk mengecek dokumen penting yang harus Anda bawa dan backup dokumen tersebut ke e-mail atau Drive. Membawa dokumen penting seperti data diri dan paspor juga menjadi penolong Anda di saat-saat genting. Maka dari itu, selalu cek kembali dokumen-dokumen penting yang harus dibawa sebelum Anda pergi.

Melakukan solo travelling untuk beberapa orang mungkin adalah suatu hal yang menakutkan dan tidak aman. Akan tetapi, jika Anda sudah mempersiapkan diri sebelum bepergian dengan mengikuti tips diatas, solo travelling bukanlah hal besar yang perlu ditakuti. Semoga bermanfaat!

Tags

Related Post