Tips Mempercepat Kinerja Laptop, Tanpa Beli Baru

Penah kepikiran untuk membeli laptop baru padahal laptop yang sudah ada itu masih mulus, hanya saja sangat lemot saat digunakan?. Ya kita pernah punya pikiran

Syadir

mempercepat kinerja laptop

Penah kepikiran untuk membeli baru padahal laptop yang sudah ada itu masih mulus, hanya saja sangat lemot saat digunakan?.

Ya kita pernah punya pikiran yang sama, rasa kesal membuat kita tidak berpiikir dengan jernih, alhasil ingin beli baru saja.

Padahal ada beberapa penyebab dan mengatasi masalah tersebut, tentunya akan menghemat budget anda untuk keperluan mendesak lainnya.

Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Harus Beli Baru

Sebelum kita putuskan langkah mempercepat kinerja laptop, kita perlu ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab laptop yang sangat lemot.

1. Proses Download Otomatis di Latar Belakang

Hal ini seringkali terjadi dihampir semua pengguna laptop dengan sistem operasi windows, biasanya windows mengaktifkan fitur update otomtatis. Sehingga ketika kita terhubung dengan wifi, itu secara otomatis download file windows terbaru.

Alhasil tanpa kita sadari laptop menjadi lemot, apalagi jika dibarengi dengan membuka lain, seperti browsing, maupun edit .

Untuk mengatasi masalah ini, anda harus mematikan fitur update windows anda, agar tidak membuat Laptop anda lemot dikemudian hari.

Untuk tutorialnya bisa anda cari dulu di , atau kemungkinan nanti akan saya buatkan tutorialnya di artikel yang lain.

2. Masih Menggunakan (HDD)

Penyebab kedua adalah laptop anda masih menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan sistem operasi, sehingga untuk sekarang sangat lambat digunakan, dan hal ini wajar.

Karena harddisk adalah lama, dan sekarang sudah ada penggantinnya yaitu .

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengganti harrdisk anda dengan SSD. Jika terdapat slot CD ROOM pada laptop anda, anda bisa menggunakan Harddisk dan SSD secara bersamaan.

Caranya, lepas slot CD ROOM, lalu pindahkan harddisk anda kesana, dan pasang SSD anda di tempat harddisk. Lalu install operasi sistem pada SSD agar saat proses booting laptop berjalan dengan cepat.

Tenang, anda tidak perlu melakukan proses ini sendiri, cukup bawa saja ke tukang service laptop, pasti akan selesai dengan cepat.

Untuk perkiraan biaya kurang lebih Rp 500.000, (untuk biaya SSD dan Jasa pemasangan). Tapi tergantung dengan tempat servicenya juga.

Nah itulah 2 Tips mempercepat kinerja laptop tanpa harus beli baru lagi.

Related Post