5 Tips Merawat Kulit Tubuh agar Sehat Selalu

RUJUKANNEWS.com – Kulit berfungsi penting sebagai pelindung tubuh dari mikroba berbahaya. Oleh sebab itu, kulit wajib dijaga kesehatan dan kebersihannya agar selalu terhindar dari penyakit.

Syadir

Tips Merawat Kulit Tubuh
5 Tips Merawat Kulit Tubuh agar Sehat Selalu (sumber foto: pexels.com) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kulit berfungsi penting sebagai pelindung tubuh dari mikroba berbahaya. Oleh sebab itu, kulit wajib dijaga dan kebersihannya agar selalu terhindar dari . Kulit yang tidak sehat, selain bisa menimbulkan penyakit lain yang mengganggu kesehatan tubuh, juga bisa merusak penampilan Anda. Untuk itu, Anda wajib mengetahui tubuh agar bisa menjaga kesehatan kulit Anda dan keluarga dengan baik dan benar.

5 Tips agar Sehat Selalu

Jamur seringkali menyerang lapisan terluar kulit hingga ke organ dalam tubuh. Infeksi jamur merupakan penyakit kulit yang paling sering terjadi pada area tubuh yang lembab. Jamur mudah berkembang biak sehingga menimbulkan masalah kesehatan kulit jika tidak ditangani dengan benar dan cepat.

Lalai menjaga kebersihan tubuh merupakan faktor yang menyebabkan jamur menginfeksi kulit tubuh Anda. lakukan perawatan tips kulit tubuh sehat berikut ini agar selalu sehat dan bebas infeksi jamur.

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Agar terhindar dari infeksi jamur dan kuman yang menyerang kulit, Anda wajib menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dan kaki.

tubuh pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sabun pembersih yang mampu melindungi kulit tubuh Anda dari jamur dan kuman penyakit lain seperti , parasit, atau virus. Rutin bersihkan kulit mulai dari kulit kepala hingga seluruh kulit tubuh.

Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tubuh yang basah, selalu mengganti pakaian dalam dan kaos kaki, serta hindari pakaian yang terlalu ketat dan membuat tubuh Anda lembab dan mudah iritasi.

2. Pakai Alas Kaki dengan Benar

Infeksi kulit juga bisa disebabkan karena tidak memperhatikan alas kaki yang digunakan. Pada tertentu atau pekerjaan yang mengharuskan Anda mengenakan alas kaki khusus, umumnya bertujuan untuk melindungi kulit dan tubuh Anda dari bahaya yang mungkin terjadi.

Jika ada benda tajam dan berkarat melukai kulit, maka jamur dan kuman penyakit bisa masuk dengan mudah dan bebas menyerang tubuh Anda. Untuk itu sangat penting mengenakan dan memilih alas kaki yang tepat sesuai kegiatan atau pekerjaan yang Anda lakukan.

3. Bersihkan Alas Kaki secara Rutin

Perhatikan pula bahan pembuat alas kaki yang Anda gunakan. Beberapa bahan bisa menjadi sarang kuman penyakit jika tidak rutin dibersihkan.

Terlalu lama memakai alas kaki dari bahan tertentu juga bisa menyebabkan kondisi kaki lembab dan mudah terinfeksi jamur. Oleh sebab itu, bersihkan alas kaki seperti sepatu dan sandal yang Anda gunakan secara rutin.

4. Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Penyebab infeksi kulit lainnya adalah pakaian ketat dan terbuat dari bahan yang tidak mampu menyerap keringat. Pakaian ketat menyebabkan kulit tubuh tidak dapat bernapas dengan baik, terutama dalam kondisi berkeringat.

Keringat yang berlebihan dan tidak diserap oleh bahan pakaian akan menumpuk di kulit tubuh Anda, terutama di area lipatan kulit.

Jika kondisi seperti ini terjadi, maka jamur mudah sekali datang dan berkembang biak di kulit tubuh Anda. jamu bisa menginfeksi kulit mulai dari ruam ringan, gatal, hingga peradangan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

5. Gunakan Obat Anti Infeksi Jamur

Infeksi jamur bisa menyerang siapa saja, tua atau muda, laki-laki dan perempuan. Jika infeksi jamur terlanjur terjadi di kulit tubuh Anda, tips merawat kulit tubuh yang wajib Anda lakukan adalah dengan menggunakan obat anti jamur yang dijual bebas di apotek atau toko obat. Anda juga bisa mendapatkannya melalui seperti Blibli.com

Di Blibli tersedia Interbat, obat anti jamur yang mampu mengembalikan kesehatan kulit seperti semula. Anda bisa menggunakan obat topikal ini selama 1 hingga 2 minggu untuk mengusir jamur di kulit tubuh dan menyembuhkan infeksi kulit.

terbesar dan terlengkap di Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan yang Anda perlukan seperti obat anti jamur untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Dapatkan Interbat dengan harga hemat melalui promo yang tersedia di Blibli sekarang juga. Jagalah kesehatan kulit tubuh Anda dengan benar agar sehat dan bebas infeksi jamur.

Related Post