Wajib Catat! Ini 7 Tips Memilih Gudang yang Tepat untuk Kebutuhan Bisnis

Rujukan News




Selain fungsi utama gudang yang digunakan untuk penyimpanan barang mentah ataupun hasil produksi, gudang ternyata memiliki peranan penting dalam dan logistik. Mengingat pentingnya gudang, maka tidak boleh sembarangan dalam memilih gudang. Anda bisa mengikuti memilih gudang yang benar untuk mendapatkan gudang yang tepat.

7 Tips Memilih Gudang yang Tepat untuk Kebutuhan Bisnis

Dalam sebuah bisnis gudang ternyata memiliki peranan yang sangat besar dalam kelancaran bisnis sebuah perusahaan. Oleh sebab itu Anda harus cermat saat menentukan bangunan yang akan digunakan sebagai gudang perusahaan. Berikut ini tips memilih gudang yang bisa Anda ikuti:

1. Sesuai Kebutuhan Bisnis

Tips pertama tentu saja adalah mempertimbangkan kebutuhan bisnis. Tentukan apa yang jadi kebutuhan bisnis Anda, karena setiap jenis bisnis membutuhkan bentuk gudang yang berbeda-beda sesuai dengan produk yang akan disimpan di dalamnya. Setiap produk memiliki SOP tersendiri dalam proses penyimpanannya, oleh sebab itu penting menentukan kebutuhan lebih dahulu.

2. Lokasi Strategis Akses Mudah

Tujuan memiliki gudang dalam bisnis adalah untuk memperlancar proses distribusi produk. Syarat lancarnya distribusi adalah mudahnya akses antara tempat produksi dengan pembeli. Oleh sebab itu lokasi gudang harus strategis dan mudah diakses, agar distribusi lancar. Akan lebih baik jika gudang dekat dengan bandara atau pelabuhan karena mudah sekali diakses.

3. Periksa Infrastruktur dan Fasilitas

Periksa dengan teliti infrastruktur dan fasilitas gudang, carilah yang potensial. Carilah fitur seperti ventilasi yang baik, pencahayaan cukup, terawat, tidak lembab dan sebagainya. Pastikan juga fasilitas yang dibutuhkan dalam bongkar muat barang seperti forklift tersedia di sana.

4. Keamanan Bangunan Gudang Terjamin

Keamanan adalah hal yang utama dalam bisnis. Pilih lokasi gudang yang aman dari berbagai tindakan kriminalitas dan bencana alam. Walaupun bencana alam tidak dapat dikontrol, tapi meminimalisir akibat masih bisa dilakukan. Hindari daerah rawan banjir dan gunung meletus untuk keamanan gudang.

5. Lakukan Analisis Biaya

Analisis biaya wajib dilakukan untuk menentukan profitabilitas bisnis Anda. Pertimbangkan biaya sewa, biaya tambahan, pemeliharaan dan lainnya yang dibutuhkan untuk gudang. Anda harus membandingkan antara biaya yang dibutuhkan dengan manfaat yang akan didapatkan untuk bisnis Anda.

6. Skalabilitas dan Fleksibilitas

Bisnis mungkin akan mengalami perkembangan seiring waktu, jadi dalam memilih gudang harus mempertimbangkan hal ini. Pilih gudang yang menawarkan skalabilitas dan fleksibilitas sehingga saat gudang masih bisa digunakan, atau saat ingin ekspansi bisa dengan mudah dilakukan.

7. Riset Reputasi dan Referensi

Jika Anda menyewa gudang untuk bisnis Anda, maka mencari referensi dan reputasi perusahaan penyedia gudang sangat penting untuk dilakukan. Riset terlebih dahulu dari pengguna gudang sebelumnya untuk mengetahui kepuasan konsumen sebelumnya. Jika banyak yang merasa puas, maka gudang layak untuk disewa.

Setelah mengetahui tips memilih gudang di atas, maka Anda dapat dengan mudah menentukan dimana gudang bisnis Anda. Memiliki gudang untuk penyimpanan memang akan sangat baik untuk bisnis Anda, dengan adanya gudang maka distribusi produk antara perusahaan dengan pembeli akan semakin lancar. Selain itu gudang juga menjadi solusi tempat penampungan hasil produksi barang dalam jumlah banyak saat pabrik tidak mampu menampung.

Dengan adanya gudang kendala distribusi dan penyimpanan tidak akan ada lagi. Jika Anda membutuhkan gudang untuk memperlancar proses bisnis Anda maka bisa menggunakan Fas fulfillment. Jasa warehouse profesional yang akan mengatur logistik dan distribusi pada bisnis Anda.

 

Baca Juga




Tags