10 Istilah dalam Aplikasi Media Sosial yang Paling Sering Digunakan

aplikasi media sosial
Foto: Freepik/creativeart

Kian beragamnya aplikasi media sosial seperti Whatsapp, Telegram, Instagram maupun Facebook membuat banyak istilah-istilah gaul baru dan sangat populer di Indonesia khususnya di kalangan remaja.

Kian tingginya penggunaan beragam aplikasi media sosial ini khususnya di kalangan anak muda, maka berkembang pula istilah-istilah pada fitur yang ada di platform-platform tersebut.

Istilah Gaul dalam Aplikasi Media Sosial

Banyak iistilah gaul dalam aplikasi media sosial yang pada akhirnya menjadi istilah biasa dalam percakapan keseharian masyarakat pengguna aplikasi media sosial. Berikut beberapa istilah dalam aplikasi media sosial yang paling sering digunakan:

VN

VN adalah layanan pesan berbasis suara yang cukup diminati oleh penggunanya dan menjadi istilah baru dalam aplikasi media sosial, karena terkesan simpel dan tak harus repot harus mengetikkan pesan yang ingin disampaikan kepada si penerima.

VN adalah kependekan dari voice note yang dalam bahasa Indonesia berarti pesan suara. VN adalah salah satu fitur unggulan dari aplikasi Whatsapp yang memudahkan penggunanya untuk mengirim pesan berupa suara.

Baca Juga -   Hal-Hal yang Wajib Diketahui! 5 Bidang Konsentrasi Jurusan Bisnis Dibangku Perkuliahan!

Deliv

Deliv adalah kependekan dari delivered yang berasal dari bahasa Inggris berarti pesan sudah terkirim dan ditandai dengan ikon centang dan menjadi istilah lain dalam aplikasi media sosial. Jika pesan yang dikirim masih centang satu berarti penerima pesan sedang tidak aktif atau berada diluar jangkauan.

Kemudian, jika pesan ditandai dengan centang dua berwarna hitam, berarti pesan sudah terkirim tapi belum dibuka atau dibaca oleh si penerima pesan. Sedangkan, tanda centang dua berwarna biru berarti pesan sudah diterima dan dibaca oleh si penerima pesan.

Available

Dalam aplikasi media sosial whatsapp terdapat tanda berupa tulisan ‘available’ atau berarti tersedia atau kerap juga dikenal dengan status penggunanya yang sedang online. Biasanya tanda tulisan available ini berada di bawah nama si penerima pesan. Tanda ini juga menunjukkan jika si penerima pesan memiliki layanan Whatsapp dan bisa dikirim pesan.

SW

Dalam istilah gaul khususnya dalam percakapan aplikasi media sosial, SW berarti Snap Whatsapp. Fitur ini merupakan layanan untuk membuat atau melihat status seseorang di menu status. Pemilik akun whatsapp juga bisa menyembunyikan statusnya agar tak bisa dilihat orang tertentu dengan mencentang siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat status pemilik akun.

Baca Juga -   5 Aplikasi Novel Gratis Tanpa Beli Koin Terbaik, Harus Punya!

P

Istilah lain dalam aplikasi media sosial adalh P atau kependekan dari Ping. Istilah ini awalnya dipopulerkan oleh Blackberry dan kemudian oleh kalangan remaja juga digunakan dalam aplikasi Whatsapp. Huruf P biasanya digunakan untuk membuka percakapan dan memastikan bahwa si penerima pesan sedang aktif atau tidak.

PM

PM adalah kependekan dari Private Message atau dalam bahasa Indonesia berarti pesan pribadi. PM biasanya dalam aplikasi media sosial lebih mengarahkan kepada lawan bicara yang ada di media sosial seperti Facebook untuk mengobrol secara pribadi tanpa harus diketahui oleh orang lain.

PM juga umum digunakan dalam hal transaksi jual beli yang menyangkut harga ataupun negosiasi agar orang lain atau kompetitor tidak mengetahui besaran harga yang ditawarkan.

PC

Istilah PC atau Personal Chat sangat umum ditemui dalam sebuah komentar dalam aplikasi media sosial. Konsepnya cenderung sama dengan PM. Namun, jika PM lebih mengarah ke proses transaksi, sedangkan PC biasanya hanya sekedar untuk obrolan biasa tapi secara personal tanpa harus diketahui oleh publik.

Baca Juga -   Dapatkan Gameplay Premium! Download Free Fire MAX v9.0 2022 Version, Lalu Mainkan Sekarang Juga!

VC

VC adalah akronim dari Video Call atau melakukan panggilan video. Fitur video call ini menjadi kelebihan dari beberapa platform media sosial seperti Whatsapp. Dengan VC, baik penerima maupun yang melakukan panggilan video bisa melihat langsung wajah dan situasi di sekitar penerima video call maupun sebaliknya.

SW

Sekilas arti SW memang lebih mirip dengan Snap Whatsapp. Namun, SW adalah kependekan yang diambil dari bahasa Indonesia atau Status Whatsapp. Status Whatsapp adalah fitur layanan dalam aplikasi Whatsapp untuk mengekspresikan suasana hati atau emosi si pemilik akun yang membuat status untuk dibagikan kepada teman dalam kontak Whatsapp.

OTW

OTW adalah kependekan dari On The Way dalam bahasa Indonesia berarti sedang dalam perjalanan. Istilah OTW ini biasa digunakan untuk lebih memudahkan proses pengetikan pesan jika si pengirim pesan sedang menuju sebuah tempat yang sudah disepakati.