4 Cara Belajar Bahasa Mandarin agar Lebih Cepat Mahir dan Menguasai

Bahasa mandarin adalah salah satu bahasa internasional yang diakui dunia. Oleh karenanya, di era globalisasi ini juga kita dituntut untuk bisa memahami termasuk belajar bahasa

Syadir

belajar bahasa mandarin
foto: Freepik/evening_tao

adalah salah satu bahasa internasional yang diakui dunia. Oleh karenanya, di era ini juga kita dituntut untuk bisa memahami termasuk bahasa mandarin untuk berbagai kebutuhan mulai dari menjadikan bahasa mandarin sebagai dialog atau bahkan untuk kebutuhan melamar kerja.

Salah satu standar rekrutmen perusahaan multinasional bahkan menempatkan keahlian bahasa mandarin sebagai salah satu syarat keahlian.

Hal ini karena hampir seluruh produk dunia juga di dominasi oleh industri asal Cina atau Tiongkok, sehingga sudah selayaknya kita memulai bahasa mandarin yang bisa dilakukan baik melalui kursus atau mengikuti kelas bahasa mandarin yang sudah berstandar internasional.

Memulai Belajar Bahasa Mandarin

Bahasa mandarin terkenal dengan kerumitan aksaranya atau yang dikenal dengan aksara Han. Aksara ini membutuhkan ketekunan dan melakukan latihan secara terus menerus agar bisa memahami baik cara mengucapkannya atau menulisnya.

Karena pada dasarnya tak ada yang instan dalam sebuah proses apalagi dalam hal belajar bahasa mandarin yang terkenal akan kerumitannya.

4 Cara Belajar Bahasa Mandarin

Selain itu, ada beberapa trik untuk belajar bahasa mandarin secara cepat, baik dilakukan secara otodidak atau mengikuti program kelas bahasa asing, Anda juga tetap perlu latihan secara rutin, agar bisa lebih cepat fasih.

Berikut beberapa trik diantaranya:

Memahami Pin Yin

Pin Yin adalah cara penulisan ala Romawi dengan menggunakan bahasa mandarin khususnya terhadap bunyi atau cara mengucapkan tiap aksara mandarin tersebut.

Pin Yin juga merupakan bentuk paling mudah agar lebih cepat memahami huruf yang ada di Pin Yin tersebut, karena keberhasilan belajar bahasa mandarin salah satunya adalah kemampuan dalam menguasai Pin Yin.

Memahami Tiap Nada dalam Bahasa Cina

Bahasa mandarin sangat identik dengan nada. Nah, jika nada yang diucapkan dalam bahasa mandarin salah disebutkan maka akan mengubah arti dari kata tersebut. Selain Pin Yin, memahami dan terlebih dahulu mempelajar nada bahasa mandarin juga tak kalah pentingnya.

Bagi orang yang awam, sangat susah dalam mempelajari nada dalam bahasa mandarin, terdapat sedikitnya empat nada yang saling berbeda cara pengucapannya. Pada nada kesatu misalnya, terdapat nada tinggi dan datar khususnya dalam pengucapannya.

Sedangkan, pada nada kedua lebih menitikberatkan pada cara pengucapan meningkat, contohnya ketika Anda menyebut rasa terkejut atau kagum dengan; ‘wow'.

Kemudian, pada nada ketiga yang menjadi nada atau pengucapan yang agak susah dilakukan karena nadanya cenderung melengkung mulai dari atas, bawah kemudian naik ke atas.

Sedangkan, nada keempat cara pengucapannya lebih cenderung dilakukan dengan menurun atau dari tinggi ke rendah, contohnya ketika Anda mengucapkan kata bernada perintah, misalnya: ‘berhenti' atau ‘cukup'.

Rajin Melatih Pendengaran

Dengan terus rutin atau rajin melatih pendengaran pada dialog yang menggunakan bahasa mandarin, Anda juga akan lebih cepat atau mudah memahami baik cara pengucapan ataupun nada yang digunakan pada tiap aksara ataupun kata yang hendak disampaikan.

Anda bisa mendengarkan dialog atau convesation ringan dalam bahasa mandarin yang menggunakan kata atau kalimat yang umum digunakan dalam sebuah perbincangan .

Jika sudah memiliki sedikit pemahaman, Anda juga bisa memulai berbincang dengan dialog ringan seperti berkenalan, menanyakan kabar dan yang lainnya dengan menggunakan bahasa mandarin hal ini untuk membiasakan lidah Anda dalam pengucapan tiap kata dalam bahasa mandarin.

Belajar Menulis Bahasa Mandarin

Selain harus memahami cara belajar bahasa mandarin, Anda juga perlu untuk belajar cara menulis bahasa mandarin, karena menulis dalam bahasa mandarin juga sangat terkait erat dalam cara memahami bahasa Cina secara keseluruhan.

Lakukan secara rutin dan konsisten dan luangkan waktu setidaknya 15 – 30 menit dalam sehari untuk mempelajari bahasa mandarin secara keseluruhan, maka lama kelamaan Anda akan mulai memahami bahasa mandarin secara utuh.

Related Post