4 Keunggulan Videopad, Software Edit Video yang Sederhana dan Ringan

videopad
Foto: Freepik/Arthur_Hidden

Ada banyak software maupun aplikasi yang memberikan anda kemudahan untuk mengedit video. Salah satunya adalah Videopad. Software editing video ini terbilang mudah penggunaannya bahkan untuk yang awam sekalipun.

Software buatan NCH ini terbilang ringan dan sederhana. Tersedia dua pilihan versi Videopad untuk penggunanya; gratis dan berbayar. Videopad berbayar memiliki lebih banyak fitur editing yang bisa digunakan jika dibandingkan dengan yang gratis.

Meski demikian, versi gratis pun sudah amat memadai untuk memulai proses editing video dengan proses sederhana.

Software ini sejak pertama kali kemunculannya sudah mengalami banyak pembaruan sejak dari versi pertama v3.79.

Fitur Software Videopad

Tapi jangan khawatir, Videopad memberikan kemudahan untuk memberikan pengalaman pengguna yang terbaik bagi siapapun. Panel menu yang mudah ditemukan, hingga fitur efek, transisi hingga daftar media yang bisa dengan mudah disisipkan ke dalam storyboard.

Demikian juga ketika anda hendak menyisipkan audio sebagai soundtrack atau suara video yang cukup dengan menarik file audio ke storyboard soundtrack.

Baca Juga -   Link Pendaftaran SSCASN Sudah Dibuka, Calon Guru dan Nakes Wajib Daftar!

Keunggulan Videopad

Jika melihat keunggulannya, software Videopad memang sedikit lebih baik dibanding software editing video lainnya yakni;

Mudah Digunakan

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, software ini terbilang ramah untuk siapapun bahkan untuk yang awam sekalipun. Fitur-fitur editing seperti green screen, slow motion adalah beberapa fitur yang bisa dengan mudah digunakan di software ini secara mudah dan praktis.

Ringan

Jika banyak aplikasi maupun software editing video membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, maka berbeda dengan Videopad yang membutuhkan tak lebih dari 5 megabyte ruang penyimpanan dengan berbagai fitur unggulannya, tentu hal ini jauh lebih baik.

Sehingga perangkat komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun bisa menjalankan software ini, karena tak membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang terlalu besar termasuk konsumsi RAM yang boros sehingga membuat kinerja perangkat komputer menjadi lambat.

Kaya Output

Hasil editing video melalui software ini juga bisa disimpan dengan beragam jenis file, seperti; mp4, avi, 3gp atau bahkan bisa  dibagikan langsung ke media sosial.

Baca Juga -   Ingin Tampil Keren! Berikut Ini 4 Cara Memilih Warna Cardigan Agar Sesuai dengan Penampilan

Kualitas HD

Meski software ini terbilang ringan, tapi hasil video yang diedit melalui software ini sudah terbilang berkualitas tinggi (high definition), sehingga tak perlu khawatir jika kualitas video pecah ataupun buram. Terdapat beberapa pilihan kualitas penyimpanan video mulai dari 1080 sampai 2160

Kelemahan Videopad

Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan dari software Videopad ini, yakni;

Fitur Audio Tak Lengkap

Umumnya editing video, juga dibutuhkan audio sebagai penunjangnya. Nah, pada Videopad, fitur editing audio memang tidak terlalu maksimal untuk melakukan editing secara profesional karena software ini sejatinya memang dikhususkan untuk mengedit video.

Mudah Lemot

Proses editing video melalui software ini yang menyisipkan begitu banyak efek dalam video yang diedit maka akan sangat rentan berjalan lambat (lemot) di komputer apalagi jika spesifikasi  komputer yang digunakan tidak mendukung untuk mengedit video.

Render Terlalu lama

Menyimpan video dengan kualitas yang tinggi (HD) melalui software ini juga berpotensi membutuhkan proses rendering yang sangat lama karena software ini membutuhkan waktu untuk membaca kualitas video agar tetap maksimal.

Baca Juga -   2 Cara Mengubah Kuota Belajar menjadi Kuota Internet Tanpa Aplikasi

Dari review keunggulan dan kelemahan software videopad di atas, tak ada salahnya mencoba software ini untuk membandingkan software ini dengan software sejenis khususnya dalam hal fitur, kualitas hingga tentu saja kapasitas penyimpanan software yang relatif kecil sehingga tak membutuhkan ruang yang terlalu besar di komputer, apalagi harus berbagi dengan file-file video yang umumnya membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.