trading saham
Foto: Freepik/drobotdean

5 Langkah Belajar Trading Saham dengan Cepat dan Bisa Dijadikan sebagai Passive Income

Saat ini, kian banyak kaum milenial yang tergerak untuk bermain dan menjadi trader yang bisa memberikan penghasilan yang menjanjikan sebagai salah satu passive income.

Seperti diketahui, terdapat dua jenis pilihan ketika memutuskan hendak bermain saham, menjadi investor atau pembeli saham atau menjadi seorang trader atau penjual saham.

Namun sebelumnya, untuk bisa terjun langsung dan bermain saham di bursa saham, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami dan belajar , hal ini agar Anda tidak salah dalam menentukan langkah saat bermain saham.

Pengertian Saham

Trading saham yang jika diartikan secara harfiah adalah penjualan saham yang dilakukan di bursa saham. Sedangkan penjual saham atau yang dikenal dengan istilah trader adalah pemilik saham yang bermaksud untuk memperoleh keuntungan dari aktivitas jual beli saham sekuritas

Langkah Belajar Trading Saham

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak cara yang memudahkan Anda untuk bisa memulai belajar trading saham baik secara otodidak ataupun belajar melalui teman yang sudah lebih dahulu mengenal dan bermain trading saham.

Baca Juga -   Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan SKP Sesuai dengan Permenpan No. 8 Tahun 2021

Terdapat sedikitnya 5 langkah untuk mulai belajar trading saham, berikut penjelasannya:

Belajar Trading Saham Melalui atau

Jika Anda memutuskan untuk belajar trading saham secara otodidak, Anda bisa memilih belajar melalui buku atau e-book ataupun melalui teknologi internet. Terdapat banyak situs-situs resmi yang memudahkan Anda untuk belajar trading saham mulai dari sejak dini.

Selain itu, pelajari pula strategi yang harus dilakukan ketika pertama kali memutuskan untuk bermain saham, mulai dari besaran nilai , menentukan jenis saham yang akan dibeli secara detail agar Anda tidak mengalami kerugian.

Menentukan Besaran Anggaran Trading Saham

Langkah selanjutnya, jika Anda dirasa sudah cukup memahami , adalah menentukan besaran anggaran atau modal yang hendak Anda ikut sertakan dalam bursa saham. Sebaiknya, di tahap awal, sertakan modal seminim mungkin, tujuannya adalah untuk proses pembelajaran dan pengalaman secara langsung ketika Anda mulai memutuskan untuk bermain saham.

Menentukan Akun Pialang

Kemudian, menentukan akun pialang atau broker sebagai syarat untuk memulai trading. Akun pialang adalah perusahaan yang akan melakukan proses perdagangan atas nama Anda sebagai pengguna akun.

Baca Juga -   My Lecturer My Husband Season 2, Mulai Tayang Hari Ini!

Berhati-hatilah dalam memilih akun pialang. Pilihlah akun yang memiliki reputasi yang baik dengan terlebih dahulu mencari referensi terhadap akun pialang yang hendak Anda pilih.

Selain itu, tiap pialang atau broker menerapkan ketentuan biaya komisi pengelolaan saham yang berbeda. Namun jika Anda bermaksud membeli saham individu melalui pialang maka Anda tidak akan dikenai biaya apapun.

Mempelajari Saham yang Diperdagangkan

Setelah memilih akun pialang, maka secara otomatis Anda sudah bisa melakukan aktivitas trading investasi di bursa saham. Sebelum memutuskan untuk melakukan trading, sebaiknya pelajari pula jenis saham yang hendak Anda jual.

Cek analisa hingga kinerja perusahaan terhadap perusahaan kompetitor tempat Anda membeli saham.

Memilih Jenis Trading Saham yang Sesuai

Ketika Anda memutuskan untuk bermain saham, maka otomatis Anda juga sudah pasti memiliki tujuan utama yakni untuk memperoleh keuntungan, oleh karena itu tentukan jenis trading investasi yang hendak Anda pilih.

Dalam hal ini terdapat dua jenis perdagangan, yakni perdagangan aktif atau perdagangan yang dilakukan investor minimal 10 kali dalam sebulan yang sangat bergantung pada mekanisme pasar saham dan perdagangan harian atau aktivitas perdagangan saham baik menjual atau membeli saham untuk memperoleh keuntungan dari penjualan saham dalam hitungan jam dan bahkan menit atau berdasarkan fluktuasi harga saham.

Baca Juga -   9 Rekomendasi Film Disney Terbaik yang Wajib Kamu Tonton di Akhir Pekan