5 Tips Memperbaiki Pola Tidur yang Penting untuk Kesehatan

Tips Memperbaiki Pola Tidur  – Tidur dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal. Pola tidur yang buruk akan berdampak terhadap kesehatan. Untuk itu, berikut 5

Syadir

Tips Memperbaiki Pola Tidur

Memperbaiki Pola Tidur  – Tidur dapat menjaga tubuh agar tetap optimal. Pola tidur yang buruk akan berdampak terhadap kesehatan. Untuk itu, berikut 5 tips memperbaiki pola tidur bagi Anda yang mengalami gangguan tidur.

Membuat Jadwal Tidur dengan Konsisten

Tips memperbaiki pola tidur yang pertama yaitu membuat jadwal tidur. Bagi Anda yang mengalami masalah tidur, dianjurkan untuk membuat rutinitas tidur yang baik. Durasi tidur yang normal pada malam hari yaitu sekitar 7-8 jam, sehingga buatlah rutinitas tidur tersebut setiap harinya.

Membuat rutinitas tidur harus diimbangi dengan pelaksanaan yang konsisten setiap harinya. Anda harus memaksakan diri untuk mengatur kebiasaan tidur tersebut. Apabila sudah terbiasa, menjalani rutinitas tersebut akan mudah dan memberikan efek positif bagi tubuh.

Memperhatikan dan Minuman Sebelum Tidur

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur berpengaruh terhadap pola tidur Anda. Sebaiknya, Anda menghindari beberapa makanan dan minuman yang dapat mengganggu tidur seperti makanan pedas dan asam, kopi, teh, minuman bersoda, dan sejenisnya.

Mengatur Pencahayaan Ruangan

Cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan Anda susah tidur. Cobalah untuk mengurangi cahaya lampu menjadi lebih redup agar dapat memperbaiki pola tidur.

Sebaliknya, nyalakan lampu terang pada pagi hari agar Anda cepat bangun. Jangan menekan tombol snooze untuk menambah waktu tidur pada pagi hari karena akan menyebabkan pola tidur terganggu lagi.

Mematuhi Aturan Tidur Siang

Tips memperbaiki pola tidur selanjutnya adalah mengatur jam tidur siang. Waktu tidur siang yang ideal yaitu 20-30 menit setiap harinya.

Tidur siang yang terlalu lama akan menyebabkan Anda susah tidur pada malam harinya sehingga akan mengganggu pola tidur. Seseorang yang mematuhi aturan tidur siang dengan baik akan lebih bugar dan terhindar dari berbagai .

Olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Melakukan olahraga secara teratur di pagi hari menjadi salah satu untuk memperbaiki pola tidur Anda.

Itulah ulasan beberapa tips memperbaiki pola tidur. Bagi Anda yang mengalami sudah tidur dan mengidealkan kualitas tidur dengan baik, tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips tersebut.

Related Post