Mari Pahami Arti TP dalam Trading Sebelum Mencoba Bermain Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menarik karena para investor atau orang yang melakukan investasi mengharapkan hasil yang besar dari saham. Namun pahami

Rianda

arti tp dalam trading

merupakan salah satu instrumen yang sangat menarik karena para investor atau orang yang melakukan investasi mengharapkan hasil yang besar dari saham. Namun pahami terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk terjun ke saham.

Pengertian TP dalam

Take Profit atau TP dalam Trading merupakan strategi dalam menjual saham sebagai bentuk realisasi dari keuntungan yang sudah didapat akibat dari kenaikan harga saham. Menentukan kapan harus menjual dan TP dalam trading menjadi sangat penting dan harus direncanakan.

Sebagai langkah awal tentukan terlebih dahulu melalui analisis pergerakan saham baik secara fundamental maupun teknikal, kemudian tentukan persentase yang akan diambil. yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan persentase keuntungan yang akan diambil dan memasang mode jual otomatis.

Ketika seorang trader secara rutin melakukan trading, maka akan dapat terlihat bagaimana psikologisnya dalam membaca situasi dan mengambil keputusan. Terutama ketika melakukan trading waktu yang dimiliki tidak banyak sedangkan keputusan untuk TP harus segera diambil.

Istilah yang Terkait dalam

Terdapat beberapa istilah yang sangat umum digunakan saat trading saham. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan, simak beberapa istilah yang paling sering digunakan pada ulasan berikut ini:

1. TP atau Take Profit

Take Profit merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk mengambil keuntungan (profit) dari trading saham. Secara umum take profit dilakukan jika trader merasa posisi saham pada saat itu sudah mencapai profit, maka dilakukan aksi jual pada saham tersebut untuk merealisasikan keuntungan.

2. SL atau Stop Loss

Stop Loss merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk menghentikan kerugian yang terjadi, hal ini karena harga suatu saham menurun melebihi batas toleransi yang sudah ditetapkan seorang trader. Secara umum ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerugian dalam jumlah yang lebih besar.

Jika penurunan harga saham terus terjadi secara masif maka stop loss perlu dilakukan. Dapat dikatakan stop loss, saat aksi jual dilakukan pada harga saham yang lebih rendah dari harga yang dimiliki sebagai bentuk antisipasi dengan stop (menghentikan) loss (kerugian).

3. CL atau Cut Loss

Cut Loss berarti (cut) memotong (loss) kerugian. Ini merupakan istilah lain dari stop loss yang digunakan oleh trader, karena memiliki maksud yang sama yaitu untuk menghentikan kerugian yang terjadi akibat penurunan harga. 

Cara Menentukan TP dan SL

Seorang trader sudah pasti memiliki strategi bagaimana menentukan TP dan SL sebelum melakukan transaksi pembelian saham pada hari tersebut. Setelah mengetahui arti tp dalam trading, mari pelajari bagaimana cara menentukan TP dan SL dalam trading:

1. Melakukan Analisis Teknikal

Analisis teknikal merupakan analisis yang dilakukan dengan mengamati pergerakan saham secara real time untuk memprediksi kemana kira-kira arah selanjutnya saham tersebut akan bergerak. Apakah saham tersebut akan bergerak ke bawah (turun) atau ke atas (naik).

2. Memprediksi Keuntungan

Hal ini dilakukan bukan karena tidak mau mengambil keuntungan yang lebih besar, namun dilakukan sebagai batasan yang jelas. Karena jika trader tidak menentukan berapa keuntungan yang dirasa cukup untuk melakukan TP, maka akan sangat mungkin terjadi lepas kendali.

Lepas kendali atau terbawa suasana dan emosi mungkin terjadi karena euforia ketika melihat harga saham yang terus melonjak. Namun perlu diingat harga saham juga sangat fluktuatif, jadi sangat mungkin untuk bergerak turun meskipun terlihat sedang bergerak naik.

Menentukan pada harga berapa keuntungan akan diambil, dapat dilakukan dengan menentukan persentase keuntungan yang akan diambil. Misalkan trader menentukan 35%, maka akan dihitung pada harga berapa saham akan dijual sebagai tindakan take profit (TP).

3. Memprediksi Kerugian

Sebelum memutuskan untuk membeli saham yang akan di trading. Trader telah menentukan terlebih dahulu berapa persen tingkat toleransi yang dapat diterimanya jika saham yang dibeli mengalami penurunan.

Misalkan trader menentukan 30% sebagai batas toleransinya. Maka akan dihitung pada harga berapa saham tersebut harus dijual sebagai tindakan SL (Stop Loss) agar tepat dan dapat menjadi batasan yang jelas.

Berdasarkan pada penjelasan diatas dapat diketahui arti tp dalam trading saham, sehingga dapat menjadi pengetahuan dasar sebelum memutuskan untuk trading saham. Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu meraih profit dari instrumen .

[hurrytimer id=”50707″]

Related Post