cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial
5 Cara Memilih Informasi yang Tepat Ketika Bermedia Sosial, Cerminan Dirimu Ada di Etikamu! (Sumber foto: freepik) | Ilustrasi

5 Cara Memilih Informasi yang Tepat Ketika Bermedia Sosial, Cerminan Dirimu Ada di Etikamu!

RUJUKANNEWS.com – Perkembangan yang semakin pesat, sehingga warganet masih bingung mengenai cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial sehari-hari.

Oleh karena itulah, memilih informasi yang tepat juga merupakan agar kita terhindar dari isu-isu negatif.

Bagaimana ?

cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial
5 Cara Memilih Informasi yang Tepat Ketika Bermedia Sosial, Cerminan Dirimu Ada di Etikamu! (Sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Berikut ini setidaknya ada 5 cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial sehari-hari. Jika penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Mencari Informasi yang Ingin Diketahui

Adapun cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial yang pertama adalah mencari informasi yang ingin diketahui

Meskipun banyak informasi yang beredar saat ini, kamu tidak membutuhkan semua informasi tersebut. Pilih informasi yang benar-benar kamu butuhkan dan ingin kamu ketahui.

Hal ini dimaksudkan agar kamu ingin memahaminya sejak awal sehingga kamu memiliki dorongan yang kuat dibandingkan dengan informasi yang tidak ingin kamu ketahui.

Meskipun informasi ini sangat diperlukan, akan lebih baik untuk mencari informasi dari sumber yang dapat dipercaya di .

Baca Juga -   Spermatogenisis dan Proses Pembentukan Sel Sperma

2. Baca dari Sumber Terpercaya

Jika kamu menginginkan informasi yang benar dan akurat, kamu harus mencarinya dari sumber tepercaya.

Biasanya, ketika kamu membuka jejaring sosial, kamu akan melihat berbagai informasi. Ini karena jutaan akun setiap hari saling memberikan informasi.

Banyak informasi di bagian ini tidak sepenuhnya benar.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati, jangan mudah percaya informasi ini, dan kamu harus memfilternya dengan cermat.

Kondisi seperti ini tidak hanya bisa ditemui di jejaring sosial, tapi juga di portal berita .

Agar informasi yang kamu dapatkan benar, sebaiknya kamu membaca berita dari situs berita online yang sudah memiliki reputasi baik dalam menyajikan berita terkini.

Dengan cara ini, kamu akan terhindar dari informasi palsu (hoax).

3. Bandingkan dengan Situs Lain

Adapun cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial yang baik di era yang akan datang adalah dengan membandingkannya dengan situs lain.

Harap perhatikan bahwa meskipun judul dan isinya sesuai, kamu harus berhati-hati jika ingin memberikan informasi ini.

Baca Juga -   Mengenal 6 Jenis Model Pembelajaran yang Umum Digunakan di Indonesia

Hal ini bukan tanpa alasan karena terkadang sebuah media berpihak pada kelompok atau kolektif tertentu sehingga yang disajikan mengandung pro dan kontra dalam menyikapi suatu masalah.

Untuk lebih yakin, kamu harus mengeceknya dan membandingkannya dengan situs lain yang membahas masalah serupa.

Membandingkan berita terkini dari berbagai situs akan membantu kamu mendapatkan sudut pkamung dari konten yang disajikan. Apakah pro, kontra atau netral.

4. Baca Secara Menyeluruh

Di era yang serba digital ini, ternyata keberadaan internet tidak hanya bisa digunakan untuk saling berbagi atau berkomunikasi, tetapi juga untuk mendapatkan uang.

Uang dapat diperoleh dengan mengklik dan beriklan. Dimana semakin banyak klik dan iklan maka semakin tinggi pula jumlah pendapatannya.

Agar mendapatkan banyak klik, headline berita akan dibuat semenarik mungkin. Namun, judul yang dibuat seringkali terlalu provokatif dan clickbait.

Dimana judul tidak sesuai dengan isi. Trik ini dikenal sebagai clickbait. Trik ini cukup efektif untuk mendapatkan banyak viewer. Karena itu, kamu harus membaca semuanya.

Baca Juga -   5 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis (Update 2022)

5. Penggunaan Fitur Media Sosial

Adapun cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial  yang terkahir adalah memfilter informasi tersebut adalah dengan memanfaatkan keberadaan fungsi filtering di jejaring sosial.

Jika fitur ini digunakan di , maka akan langsung memfilter konten dengan tema tertentu sesuai keinginan.

Dengan cara ini informasi yang ditampilkan menjadi lebih kecil.

Manfaat teknologi filtering dengan cara ini bisa untuk memfilter konten dengan topik yang tidak pantas atau mengganggu sehingga tampilannya bisa diminimalkan. Fitur ini juga tersedia di beberapa situs.

Menggunakan fitur ini mencegah kamu menerima berita spam.

Akhir Kata

Setidaknya ada 5 cara memilih informasi yang tepat ketika bermedia sosial sehari-hari. Gunakanlah media sosial dengan bijak ya.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan yang lainnya, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…