Bayi Usia 2 Bulan dan Kemampuan yang Bisa Dilakukannya

Syadir

bayi usia 2 bulan
Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

pada umumnya sudah memiliki banyak kemampuan. Mulai dari mengorganisasikan tiap organ tubuhnya, kemampuan untuk melihat serta mendengar. Meski demikian, para orang tua tidak perlu khawatir apalagi cemas jika bayinya belum memiliki kemampuan apa-apa di usia itu.

Selain itu, bayi usia 2 bulan juga sudah mulai menggerakkan tubuhnya untuk tengkurap meski terlihat belum sempurna atau kerap kali gagal, tapi ibu jangan khawatir karena pada bayi usia 2 bulan memang mulai beradaptasi khususnya pada anggota tubuhnya.

Bayi usia 2 bulan juga umumnya akan mulai terlihat belajar mengangkat kepalanya sedikit demi sedikit. Ibu bisa melakukan stimulus seperti melakukan tepukan tangan kecil di depan bayi untuk melihat respon pendengaran dan penglihatannya.

Kemampuan Bayi Usia 2 Bulan

Bayi usia 2 bulan umumnya sudah mampu mengoordinasikan beberapa organ tubuhnya khususnya dalam membangun gerakan termasuk mata dan kedua tangannya.  Bayi usia 2 bulan juga akan mulai berusaha menggapai apa yang ada disekitarnya seperti mainan, selimut dan yang lainnya.

Beberapa bayi lainnya bahkan akan terlihat aktif seperti meraih beberapa benda seperti mainan dan berusaha memasukkannya ke dalam mulut.

Pada fase bayi usia 2 bulan, ibu diharapkan untuk mengawasi benda-benda berbahaya yang ada di sekitar bayi agar tidak tertelan, sediakan pula mainan yang ramah untuk bayi usia 3 bulan yang sebelum digunakan dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat untuk mencegah kuman maupun masuk ke dalam mulut bayi.

Faktor Pendukung Kemampuan Bayi Usia 2 Bulan

Seperti diketahui, organ tubuh bayi yang sehat akan terus mengalami perkembangan dari asupan ASI yang ia peroleh. Namun demikian, ibu tak perlu khawatir jika di usia yang masih dini atau bayi usia 2 bulan, buah hati belum memiliki kemampuan apapun.

Beberapa bayi yang masih berusia 2 bulan umumnya masih berusaha untuk mengadaptasikan lingkungan disekitarnya atau bahkan lebih banyak tidur, hal itu sangatlah wajar karena keadaan diluar sangatlah berbeda ketika ia masih berada di dalam rahim ibu.

Banyak orang tua yang terlalu menuntut bayinya untuk mulai memiliki perkembangan baru setiap bulannya. Dan, merasa khawatir jika dalam usia beberapa bulan bayi belum bisa melakukan apa-apa, seperti misalnya bayi 2 bulan belum bisa miring.

Ibu tak perlu khawatir jika menghadapi hal seperti ini, karena hal tersebut sangatlah normal selagi bayi dalam keadaan sehat karena perkembangan bayi tidak bisa disamakan dengan bayi yang lainnya.

Meski demikian ibu bisa memberikan stimulasi khususnya dalam gerak motorik bayi termasuk belajar miring dan tengkurap.

Perkembangan Bayi 1-2 Bulan

Pada bayi yang sehat, akan terdapat banyak progres perkembangan bayi berusia 1-2 bulan, mulai dari kemampuan menggerakkan organ tubuhnya, saling mengkoordinasikan anggota tubuh dan gerakannya.

Selain itu, jari-jari bayi juga sudah mulai bergerak sempurna seperti meraih sesuatu disekitarnya hingga mulai menggenggam.

Demikian halnya dalam gerakan, bayi juga sudah mulai aktif termasuk sudah mulai bisa tersenyum dan menggerakkan tubuhnya.

Ciri Bayi Cerdas Usia 2 Bulan

Salah satu indikator yang menunjukkan ciri jika bayi tersebut cerdas di usia 2 bulan ialah kemampuan bayi untuk menggerakkan bibir seperti tersenyum. Beberapa bayi bahkan akan langsung memberikan reaksi seperti tersenyum ketika ibu atau orang lain ada yang mengajaknya bermain.

Respon yang cepat yang diberikan bayi terhadap apa yang ia lihat disekitarnya ketika ia masih berusia dua bulan menunjukkan jika bayi tersebut aktif dan sehat.

Related Post