ADVERTISEMENT

5 Jenis Alat Transportasi Air yang Ada di Indonesia dan Tidak Pernah Lekang Oleh Usia!

Transportasi air
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Karena Indonesia merupakan negara yang di apit oleh laut, maka sebagai masyarakat nusantara kita harus tahu jenis-jenis alat transportasi air.

Alat transportasi air ini biasa digunakan oleh masyarakat umum untuk mengangkut barang-barang berat yang akan dikirim entah di luar pulau ataupun antar negara.

ADVERTISEMENT

5 Jenis Alat Transportasi Air yang Ada di Indonesia

Transportasi air

Sarana dan prasana transportasi air ini sangat berguna untuk membantu masyarakat dalam melewati sungai ataupun laut. Lantas apa saja transportasi tersebut?

1. Sampan

Sampan

Alat transportasi tradisional ini masing sering digunakan bahkan tidak pernah lekang oleh waktu, dikarenakan pembuatannya juga tidak membutuhkan biaya yang lebih.

Biasanya sampan ini digunakan untuk mengangkut barang dagangan bagi masyarakat yang tinggal di pesisir sungai.

2. Rakit/Getek

RakitGetek

Karena dulu masyarakat kita tidak ada jembatan ataupun penyeberangan untuk melintasi antar desa.

Maka dibuatlah rakit/getek untuk mengangkut barang-barang berat, bahkan biasa juga digunakan untuk membantu menyeberang anak-anak sekolah melewati derasnya air sungai.

3. Kora-Kora

Kora Kora

Kepulauan Maluku memiliki kapal tersendiri yang diberi nama Kora-Kora, hampir sama bentuknya dengan perahu, namun alat transportasi air ini sudah semakin jarang digunakan lantaran sudah ada jembatan penyeberangan.

4. Golekan Lete

Golekan Lete

Perahu golekan ini merupakan jenis perahu yang berasal dari Madura, biasanya memiliki motif ornamen yang indah, serta symbol utamanya adalah ayam jantan.

5. Sandeq

Sandeq

Jenis perahu yang satu ini memiliki layar bercadik yang biasa digunakan untuk melaut.

Nelayan-nelayan akan memakai alat transportasi ini untuk menangkap ataupun menjaring ikan di laut lepas.

Akhir Kata dan Penutup!

Nah, itulah beberapa jenis alat transportasi laut yang ada di Indonesia dan tidak pernah termakan oleh waktu, seharusnya kita sebagai mayarakat patut berbangga dengan adanya transportasi tradisional seperti itu.

Jika ada kesalahan ataupun typo dalam tulisan, mohon maaf yang sebesar-besarnya ya. Karena manusia tidak ada yang sempurna dan tempatnya salah. Dengan begitu sebuah kesalahan akan menjadi pembelajaran supaya lebih baik kedepannya.

Artikel ini bisa kalian share kepada teman, sahabat, gebetan, pacar, ataupun bahkan mantan pacar, supaya penulis lebih giat lagi untuk mengupdate artikel yang menarik lainnya.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa ikuti terus informasi-informasi menarik lainnya dari Rujukan News ya. Bye-Bye…

ADVERTISEMENT