6 Manfaat Sarapan Pagi yang Wajib Diketahui

RUJUKANNEWS.com – Pernahkan kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa manfaat sarapan pagi? Seperti yang kita tahu, sarapan pagi termasuk rutinitas yang tak boleh kita lewatkan.  Ada banyak

Mutiara Annisa

6 Manfaat Sarapan Pagi yang Wajib Diketahui (sumber foto: Unsplash)
Manfaat sarapan pagi
6 yang Wajib Diketahui (sumber foto: Unsplash)

RUJUKANNEWS.com – Pernahkan kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa manfaat sarapan pagi? Seperti yang kita tahu, sarapan pagi termasuk rutinitas yang tak boleh kita lewatkan. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan apabila makan pagi, lho. Namun, sebagian besar orang kerap kali mengabaikan sarapan bahkan malah menggabungkannya dengan jam makan siang.

Sebaiknya, mulai sekarang kamu tidak melewatkan sarapan, karena hal itu bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu. Oleh karena itu, ayo kita jadi lebih aware tentang pentingnya sarapan pagi dengan tahu beberapa benefit-nya di bawah ini.

6 Manfaat Sarapan Pagi yang Wajib Diketahui

Berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat sarapan pagi agar tubuh tetap sehat, yaitu:

1. Pasokan Energi Untuk Beraktivitas

Tahukah kamu bahwa karbohidrat yang ada dalam sarapan pagi bagaikan bahan bakar untuk tubuhmu? Sehingga dengan adanya asupan energi ini, tubuh akan punya tenaga untuk menjalani sehari-hari.

Selain itu, karbohidrat juga berperan penting untuk mengembalikan kadar glukosa yang biasanya turun saat kamu tidur. Kalau asupan karbohidrat kurang, kebutuhan glukosa dalam tubuh jadi tidak tercukupi. Nah, dampaknya bisa bikin kamu gampang lelah, lho.

2. Bantu Mengontrol Berat Badan 

Kedua, kamu mungkin belum menyadari betapa pentingnya sarapan pagi secara teratur dalam menjaga berat badanmu. Melewatkan sarapan pagi bisa bikin perut keroncongan saat siang hari. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan nafsu makanmu. Nah, hal ini kurang baik, terutama jika kamu sedang menjalani .

3. Meningkatkan Konsentrasi

Selanjutnya, kamu harus tahu nih, melewatkan sarapan pagi bisa bikin kamu kesulitan fokus. Entah saat sedang di maupun di tempat kerja. Kenapa? Karena otak butuh glukosa yang cukup agar bisa bekerja dengan optimal.

Kalau kamu tidak sarapan, pekerjaan harian bakal jadi lebih berat. Nah, buat anak sekolah juga sama, mereka bisa kesulitan fokus untuk memahami pelajaran. Umumnya, anak-anak kecil dan remaja yang rajin sarapan punya performa akademis yang lebih baik dibandingkan yang tidak sarapan.

4. Bantu Jaga Pola Makan

Manfaat sarapan pagi yang keempat adalah membantu kamu membangun kebiasaan makan yang jauh lebih sehat. Dengan sarapan, kemungkinan besar kamu akan terhindar dari godaan ngemil tidak sehat.

Pada umumnya, anak-anak yang tidak biasa sarapan lebih suka memilih yang kurang bernutrisi. Hal ini berisiko bikin mereka atau kelebihan berat badan. Nah, bagi kamu yang merupakan orang tua, sebaiknya persiapkan bekal sehat untuk si kecil. Contohnya seperti buah-buahan dan sandwich.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat sarapan pagi yang berikutnya ialah bisa bantu mengendalikan kadar gula darah. Buat kamu yang punya kadar gula darah normal, kebiasaan ini dapat mencegah risiko resistensi insulin yang bisa jadi pemicu diabetes.

Selain itu, untuk penderita diabetes, sarapan pagi juga sangat penting demi mencegah hipoglikemia. Apa itu hipoglikemia? Ini merupakan kondisi di mana kadar gula darah kita terlalu rendah. Jadi, kamu tidak boleh melewatkan sarapan pagi kalau punya riwayat diabetes.

6. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi 

Terakhir, tahukan kamu bahwa mengkonsumsi saat sarapan  bisa bantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi? Misalnya saja vitamin, protein, serat, kalsium, zat besi, dan lain-lain. Nah, dengan asupan nutrisi yang cukup, kamu bisa merasakan kenyang lebih lama sampai tiba jam makan siang.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai apa saja manfaat sarapan pagi yang wajib kamu ketahui. Apapun alasannya, jangan pernah skip makan pagi ya guys. Usahakan agar perut terisi meski hanya sedikit saja. Semoga artikel ini bisa membantu kamu, ya!

Related Post