6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS, Prospek Kerja Cemerlang

jurusan kuliah yang cocok untuk anak ips
jurusan kuliah yang cocok untuk anak ips

Jurusan IPS banyak dipilih oleh siswa yang kurang berminat pada mata pelajaran berhitung atau ilmu sains. Namun, banyak anak IPS kelas 12 SMA yang bingung memilih jurusan ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Padahal, banyak pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS.

Banyak pekerjaan di masa depan yang dipilih sesuai dengan jurusan yang dipilih saat duduk di bangku kuliah. Tidak perlu khawatir, lulusan IPS juga memiliki prospek kerja yang bagus dengan gaji yang menggiurkan. Berikut jurusan kuliah untuk anak IPS yang bisa dipilih saat melanjutkan kuliah:

1. Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi banyak dipilih oleh anak-anak jurusan IPS. Peminat jurusan yang mempelajari perilaku manusia ini sangat tinggi di Indonesia. Selain itu, prospek kerja lulusan jurusan Psikologi juga cukup bervariasi mulai dari psikolog, peneliti, HRD, guru bimbingan konseling, dan lain-lain.

Baca Juga -   7 Fitur LMS serta Kelebihan dan Kekurangan Learning Management System

2. Jurusan Jurnalistik

Ingin bekerja sebagai penyiar atau tim kreatif di stasiun TV? Jurusan Jurnalistik cocok dipilih untuk anak lulusan IPS. Jurusan jurnalistik juga memiliki banyak peminat karena mahasiswa jurusan jurnalistik akan mempelajari banyak hal mulai dari penulisan, broadcasting, public speaking, dan masih banyak lagi.

Bagi mahasiswa lulusan jurnalistik dapat menjalani banyak profesi yang seru, menarik, dan menantang. Diantaranya adalah penyiar, jurnalis, konten kreator, dan lain-lain. Tidak heran, jurusan ini tidak pernah sepi peminat, apalagi dunia digital semakin berkembang pesat.

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang paling diminati dan cukup bergengsi selanjutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Program studi ini memang menarik untuk dipelajari karena mahasiswa dapat memperoleh wawasan luas seputar isu-isu internasional, diplomasi, kajian sosial, dan lain-lain.

Mahasiswa akan dilatih cara berkomunikasi, diplomasi dengan orang asing, problem solving, berpikir kritis, dan lain-lain. Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional sangat menjanjikan dengan tawaran gaji yang tinggi juga, seperti peneliti, diplomat, konsultan, duta besar, dan lain-lain.

Baca Juga -   Tes Psikologi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah Yang Wajib Diketahui

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak Ips ini memang tidak pernah sepi peminat karena banyak ilmu bisnis yang bisa dipelajari dan prospek kerjanya sangat cemerlang. Mahasiswa program studi jurusan ini akan mempelajari hal menarik seputar keuangan, dunia wirausaha, ekonomi, dan masih banyak lagi. Lulusan jurusan ini dapat menjalani berbagai profesi seperti pebisnis, akuntan, perpajakan, manager, dan lain-lain. Menarik, bukan?

5. Jurusan Hukum

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS satu ini merupakan prodi paling diminati di kelompok soshum. Mahasiswa jurusan hukum akan berkecimpung dengan hafalan pasal-pasal, debat, berpikir kritis dan lain-lain. Selain itu, lulusan ilmu hukum harus memiliki kemampuan daya ingat yang bagus diharuskan mengingat banyak hal misalnya nama, tanggal, peristiwa penting, dan lain-lain.

Mahasiswa juga harus jeli membaca kasus, meriset, dan mampu meneliti setiap kasus. Tidak perlu khawatir, prospek kerja bidang hukum sangat cemerlang. Lulusan jurusan ini dapat berprofesi sebagai jaksa, notaris, hakim, pengacara, diplomat, dan lain-lain.

Baca Juga -   7 Tempat Kuliah Keperawatan Sambil Kerja, Buka Kelas Weekend Juga!

6. Jurusan Ilmu Politik

Tertarik menjadi seorang politikus? Silahkan masuk ke jurusan ilmu politik. Banyak hal yang dipelajari dari jurusan ini diantaranya mahasiswa akan mendalami lagi ilmu sosiologi, antropologi, hingga ilmu tentang politik luar negeri. Mahasiswa lulusan ini dapat berkarir sebagai peneliti, dosen, analisis politik, dan lain-lain.

Itulah 6 jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang bingung memilih prodi untuk melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. Banyak jurusan yang bisa dipilih lulusan IPS dan memiliki prospek kerja yang cemerlang. Pikirkan dengan matang jurusan yang akan dipilih setelah lulus agar tidak salah pilih jurusan. Semoga membantu!

Baca juga: Ketahuilah Fasilitas Beasiswa Turki Tanpa TOEFL dan Persyaratannya