Ketahuilah Fasilitas Beasiswa Turki Tanpa TOEFL dan Persyaratannya

beasiswa turki tanpa toefl
beasiswa turki tanpa toefl

Apakah pernah berpikir kalau terdapat beasiswa Turki tanpa TOEFL sebagai persyaratannya? Karena hal itu memang benar ada dan diberikan khusus oleh pemerintah Turki. Tentunya menjadi sesuatu menyenangkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke negara tersebut. Nama beasiswa ini adalah Turkiye Burslari Scholarship. Dan berikut penjelasan lengkap yang bisa disimak.

Fasilitas dari Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa yang disediakan oleh Turkiye Burslari Scholarship ini full diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 hingga S3. Tidak perlu ada sertifikat TOEFL jika ingin mendapatkannya. Tapi sertifikat tersebut dapat menjadi nilai lebih ketika dilampirkan. Mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini akan diberikan beberapa fasilitas berikut:

1. Biaya Akomodasi

Salah satu persoalan mahasiswa di luar negeri adalah biaya untuk tempat tinggal. Karena memang jumlahnya yang tidak sedikit. Tapi jika ikut mendaftar beasiswa dari Turkiye Bulslari Scholarship, hal ini tidak akan menjadi persoalan lagi. Sebab biaya untuk tinggal di asrama sepenuhnya sudah ditanggung. Ini berlaku bagi semua universitas di Turki.

Baca Juga -   Kualifikasi Akademik PPG Prajabatan 2022 dan Cara Mendaftarnya

2. Biaya Kuliah

Biaya untuk kuliah di Turki tentu jumlahnya cukup besar. Setiap jurusan pastinya juga memiliki biaya yang berbeda-beda. Tapi sekarang tidak usah menjadikannya masalah lagi. Karena dengan beasiswa dari Turkiye Bulslari Scholarship, semua biaya akan ditanggung secara penuh. Tidak ada biaya kuliah yang dibebankan alias gratis.

3. Biaya Kesehatan

Sakit di negara orang tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Selain karena jauh dari rumah, biaya berobat pasti tidak semurah ketika di negara sendiri. Apalagi jika ini dialami oleh para mahasiswa. Dan untuk menangani masalah tersebut, Turkiye Bulslari Scholarship memberikan solusi. Beasiswa ini juga memberikan fasilitas berupa biaya khusus untuk kesehatan.

4. Biaya Perjalanan

Beasiswa Turki tanpa toefly ang diberikan oleh pemerintah negara Turki ini memang sangat lengkap. Bukan hanya masalah kuliah dan kesehatan, tapi biaya perjalanan pun turut ditanggung. Ada dua macam tiket yang diberikan gratis. Yang pertama adalah tiket keberangkatan menuju Turki. Sedangkan kedua yaitu tiket kepulangan setelah studi yang ditempuh selesai.

Baca Juga -   Aspek Penilaian, Teknis Penyusunan hingga Periodisasi dalam SKP 2021

5. Kursus Bahasa Turki

Bagi semua penerima beasiswa Turki tanpa toefl di Turkiye Bulslari Scholarship akan mendapatkan program kursus yang sangat menarik. Selama satu tahun, para mahasiswa tersebut dapat belajar bahasa Turki secara intens. Dan yang menarik di sini, kegiatan kursus bahasa ini dilakukan gratis. Semua biaya sudah ditanggung oleh pemerintah negara Turki.

6. Tunjangan Bulanan

Sebagai salah satu pemberi beasiswa Turki tanpa TOEFL, Turkiye Bulslari Scholarship memberikan fasilitas yang tidak setengah-setengah. Bisa dikatakan, mahasiswa dibebaskan dari semua biaya, termasuk kuliah. Tapi di luar itu masih ada biaya lain yang khusus diberikan untuk hidup sehari-hari selama ada di Turki.

Tunjangan ini diberikan dengan jumlah yang berbeda bagi setiap tingkat studi. Berikut rincian dari tunjangan yang diperoleh tiap bulan tersebut:

  • S1 (Undergraduate Program): 800 Turkish Lira atau sekitar Rp1,5 juta
  • S2 (Postgraduate Program): 110 TL (sekitar Rp2 juta)
  • S3 (PhD Program): 1600 TL atau setara dengan Rp3 juta

Persyaratan dari Turkiye Bulslari Scholarship

Sama seperti beasiswa lain, Turkiye Bulslari Scholarship juga memberikan persyaratan agar bisa mendapatkannya. Berikut ini adalah beberapa syaratnya:

  • Warga internasional dari semua negara di dunia
  • Sebelumnya belum pernah memperoleh beasiswa dari Turkiye Bulslari Scholarship
  • Belum terdaftar sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Turki
  • Telah menyelesaikan tingkat pendidikan sebelumnya, baik bagi yang menempuh S1, S2 atau S3
  • Batasan usia bagi mahasiswa S1 adalah 21 tahun, S2 yaitu 30 tahun, dan S3 maksimal 35 tahun
  • Memiliki rata-rata nilai 75 untuk ijazah dari pendidikan sebelumnya
Baca Juga -   5 Berkas yang Harus Dilampirkan dalam Proses Pembuatan Dupak Guru

Demikian beberapa fasilitas yang diberikan oleh Turkiye Bulslari Scholarship. Beasiswa Turki tanpa TOEFL ini menjadi salah satu kemudahan bagi yang ingin belajar di negara tersebut. Tentunya tidak ada yang dipermasalahkan lagi jika kuliah di sana. Karena pemerintah Turki telah memberikan beasiswa tersebut asal semua persyaratan dipenuhi.

Baca juga: 5 Universitas di Jerman yang Menyediakan Beasiswa Terbaik