Cara Merawat Cat Mobil agar Selalu Tampak Baru

Rujukan News

cara merawat cat mobil




Mobil bersih dengan cat yang kinclong tentu membuat pemiliknya merasa percaya diri. Hal ini pastinya membutuhkan perawatan yang tepat sehingga mobil Anda dapat terlihat selalu kinclong. Apalagi jika mobil dipakai untuk beraktivitas sehari-hari dan terpapar sinar matahari dan juga polusi. Lalu, seperti apa yang direkomendasikan agar selalu terlihat kinclong?

Mudah Bikin Cat Mobil Tetap Kinclong

Banyak orang merasa risih dengan tampilan cat mobilnya yang mulai kusam. Meskipun sudah dicuci berkali-kali, tapi tetap terlihat kotor karena masalah cat yang kusam tadi. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat cat mobil Anda tersebut tetap kinclong seperti baru. Berikut adalah beberapa cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap:

  1. Parkir di Tempat yang Teduh

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi saat parkir mobil. Sangat disarankan untuk tidak memarkirkan mobil di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Terutama ketika matahari sedang terik. Lebih baik cari tempat yang teduh untuk parkir agar cat mobil Anda tidak terpapar langsung oleh sinar matahari yang begitu panas.

Perlu diketahui bahwa paparan sinar matahari yang berlangsung cukup lama bisa merusak kondisi cat mobil. Tampilan cat mobil jadi kusam dan ketajaman warnanya memudar. Jika Anda terbiasa memarkirkan mobil di bawah sinar matahari langsung maka kualitas warna cat mobil pasti akan terus menurun setiap harinya.

  1. Pakai Sabun Khusus saat Mencuci

Jangan sembarangan memilih sabun saat mencuci mobil. Masalah sabun cuci mobil ini seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Sebaiknya cucilah mobil Anda dengan sabun atau sampo khusus mobil. Banyak orang terbiasa mencuci mobil dengan deterjen bahkan sabun colek. Padahal jenis sabun yang digunakan untuk mencuci bodi mobil bisa berpengaruh terhadap kualitas catnya.

Perlu diketahui bahwa detergen dan sabun tidak didesain khusus untuk mencuci mobil. Oleh sebab itu, formulanya berpotensi untuk merusak kualitas cat pada mobil Anda. Jadi sangat disarankan untuk memakai sabun atau sampo khusus. Cairan khusus pembersih mobil sudah didesain dengan formula yang bisa menjaga kualitas dan ketajaman warna cat mobil.

  1. Bersihkan secara Rutin

Cara merawat cat mobil sebenarnya terbilang mudah apalagi jika dilakukan secara teliti dan cermat. Salah satu cara yang bisa dilakukan demi menjaga kualitas cat mobil adalah dengan membersihkannya secara rutin. Debu dan kotoran bisa menutupi permukaan cat mobil sehingga akan membuatnya terlihat kusam.

Selain mencuci mobil, Anda juga bisa menjaga kebersihan dengan mengelap bodi mobil secara rutin. Usahakan untuk membilas bodi mobil secepat mungkin setelah terkena air hujan. Air hujan yang mengenai bodi mobil dan dibiarkan begitu saja tanpa dilap biasanya akan meninggalkan bekas kerak. Semakin lama dibiarkan maka bekas kerak ini akan semakin sulit untuk dihilangkan.

  1. Pakai Kain Halus saat Mengelap Mobil

Jika memang ingin mengelap bodi mobil, pakailah kain yang teksturnya halus. Hindari menggunakan sembarang kain dengan permukaan kasar. Pastikan juga kain tersebut dalam kondisi bersih. Debu dan kotoran yang menempel pada kain bisa saja membuat tekstur kain lebih kasar. Hal ini bisa merusak permukaan bodi cat mobil sehingga tak akan terlihat kinclong lagi.

Sebaiknya sediakan kain lap khusus untuk mobil Anda. Anda bisa membeli kanebo khusus untuk mengelap mobil. Jangan gunakan lap tersebut untuk membersihkan benda lainnya. Jaga selalu kebersihan lap dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel saat digunakan untuk mengelap bodi mobil. Agar tetap terjaga kebersihannya, maka lap ini bisa disimpan di tempat yang khusus.

  1. Lakukan Pemolesan secara Berkala

Salah satu cara efektif untuk menjaga kilap warna cat mobil tetap sempurna adalah dengan melakukan pemolesan secara berkala. Anda bisa membawa mobil ke bengkel pemolesan cat agar warna bodi mobil tetap kinclong seperti baru. Namun hal ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Anda bisa menjadikannya pilihan jika memang sudah tersedia budget yang memadai.

  1. Kenakan

Cara buat cat mengkilap pada bodi mobil Anda sebenarnya sangat beragam. Salah satunya bisa Anda lakukan dengan memakai sarung mobil. Ini merupakan produk yang digunakan untuk melindungi mobil Anda dari paparan sinar matahari, hujan, maupun faktor eksternal lainnya. Cocok sekali digunakan jika mobil Anda lebih sering diparkir di tempat terbuka.

Sarung mobil merupakan jenis alat yang bisa memberikan proteksi cat mobil secara efektif. Cara pemakaiannya juga mudah karena tinggal ditutupkan saja pada bodi mobil. Pastikan semua bagian bodi mobil tertutup sempurna untuk mencegah cat semakin kotor dan kusam.

Selain menyediakan peralatan mencuci yang berkualitas, Anda juga perlu memiliki sarung mobil. Benda ini akan sangat membantu Anda untuk melindungi lapisan cat mobil agar terlihat selalu kinclong seperti baru. Praktis sekali digunakan dimana saja dan akan menjaga kebersihan mobil Anda secara optimal.

Produk sarung mobil ini bisa Anda dapatkan di e-commerce Blibli. Pilihan produknya sangat beragam dan penawaran harganya juga bersahabat. Blibli bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja hanya melalui mobile di . Tersedia juga banyak penawaran promo yang bisa dimanfaatkan untuk membeli produk sarung mobil dengan harga lebih terjangkau.

Pemakaian sarung mobil ini menjadi salah satu rekomendasi cara merawat mobil yang sangat praktis dan efektif. Anda bisa memberikan perlindungan terbaik untuk mobil kesayangan dengan menggunakan sarung mobil berkualitas. Dapatkan produk ini hanya di Blibli dan dapatkan penawaran harga terbaik.

Baca Juga