2 Teknik Cara Promosi Makanan Di Instagram, Terjamin Efektif!

Rianda

cara promosi makanan di instagram




Melakukan promosi di media sosial pada zaman kini dianggap sebagai langkah paling mudah dan cepat agar produk cepat laku. Salah satu produk yang cukup memperoleh banyak pelanggan dari promosi di adalah usaha atau . Oleh karena itu, kini banyak pengusaha kuliner yang mencari , sehingga dapat menarik dicoba.

Akan tetapi, hal ini juga harus diperhatikan dan memiliki perencanaan strategi yang matang agar sesuai dengan tujuan pasar dan lebih menonjol dari produk pesaing. Waspadai juga hal remeh yang terjadi seperti komentar atau branding produk makanan yang dimiliki. Langsung saja yuk simak apa saja promosi makanan di Instagram melalui penjelasan di bawah ini:

Melakukan Promosi Pada Akun Produk

Teknik pertama dalam melaksanakan cara promosi makanan di Instagram adalah dengan melakukan promosi pada akun pribadi merk produk sendiri. Cara ini cukup efisien dan efektif karena mungkin ada banyak pengguna Instagram yang ingin menambah informasi mengenai produk. Ada beberapa teknik cara yang dapat dilakukan yaitu seperti:

  • Pertama tentu saja tentukan merk atau brand yang sesuai dengan produk. Sebenarnya ini juga dapat menjadi identitas dan cara branding awal yang dilakukan dalam produk.
  • Pastikan buat akun produk yang dapat dikenal dan diingat dengan mudah. Kurangi penggunaan huruf yang double atau sulit dibaca dalam sekilas.
  • Miliki desain khusus agar tampilan menarik dan mudah dicari oleh pengunjung.
  • Posting produk dan lakukan promosi dengan jangka waktu yang dekat, namun jangan sampai dianggap spam. Hal ini dimaksudkan agar akun terbaca aktif oleh pengunjung.
  • Setelah itu pilih gambar produk yang jelas dan disarankan diperlihatkan dari berbagai sisi. Lebih baik jika foto produk besar dan tidak perlu dizoom ketika dilihat.
  • Tuliskan caption atau informasi tambahan, sehingga pengunjung akan semakin tertarik untuk mencobanya. Caption yang ditulis harus mengandung beberapa hal seperti deskripsi rasa, harga, dan peran tagar juga dibutuhkan.
  • Tidak hanya foto produk yang diunggah, namun unggah juga atau bukti pemesanan dari berbagai pelanggan. Selain itu, jika makanan yang dijual hanya dapat dipesan secara  maka harus ekstra dalam media sosialnya.
  • Kemudian, berikan juga diskon atau potongan harga untuk hari-hari tertentu agar dapat mendorong untuk membeli.
  • Lakukan cara promosi makanan di Instagram pada akun secara berulang-ulang dan terjadwal.

Memanfaatkan Jasa Influencer Untuk Mempromosikan Produk

Teknik kedua yang cukup digemari para pemilik usaha kuliner adalah memanfaatkan jasa influencer untuk mengiklankan produk yang dimiliki. Cara ini paling mudah, namun pemilik usaha harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa influencer. Akan tetapi, cara ini juga sangat efisien untuk meningkatkan kunjungan. Lihat bagaimana caranya yuk pada penjelasan di bawah ini:

  • Pertama yang harus dilakukan tentu saja memilih influencer yang cocok dan sesuai. Pastikan riwayat influencer juga seperti cara mengiklankan produk hingga kasus lalu yang pernah terjadi padanya.
  • Setelah mengetahui siapa yang akan dipilih untuk mengiklankan produk, maka lakukan contact. Tanyakan beberapa hal seperti jasa, waktu keep , pengiriman produk, dan syarat lainnya.
  • Ketika pemilik usaha dan influencer sudah setuju maka tunggu hingga konten diposting.
  • Cara terbaik adalah dengan melakukan reupload atau unggah ulang untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Akan lebih baik apabila menggunakan jasa lebih dari satu influence, meskipun ini tidak menjadi hal yang wajib.

Itulah beberapa teknik cara promosi makanan di Instagram yang dapat dilakukan oleh pengusaha. Setiap usaha tentu memiliki hak untuk melakukan promosi atas produk usaha makanannya, sitambah media sosial merupakan ranah umum semua orang. Sekian dahulu penjelasan kali ini mengenai cara mempromosikan kuliner di media sosial Instagram dan semoga dapat bermanfaat.

Baca juga: Inilah 6 Cara Simpan Foto dari Instagram dengan Mudah, Ikuti Langkah-langkahnya

Baca Juga