tips membeli laptop bekas
tips membeli laptop bekas

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Mendapatkan yang Berkualitas

Dalam kegiatan , bekerja ataupun pasti membutuhkan tetap untuk memudahkan pekerjaan. Mengingat setelah covid-19 penghasilan sedikit, membeli laptop bekas bisa menjadi alternatif sehingga harus tahu apa saja membeli laptop bekas. Fungsinya agar pembeli merasa aman dan tidak takut akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya saja laptop baru dibeli tapi beberapa item tidak berfungsi dalam jangka waktu pendek. Tentu ini akan merugikan pembeli baik dari segi finansial dan menghambat beberapa kegiatan. Simak ulasan beberapa tips untuk beli laptop yang sudah bekas, yaitu :

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pembelian Laptop Bekas

Pertama, adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan pembelian laptop. Mengenai untuk keperluan apa laptop dibeli seperti sekolah, bekerja, bisnis atau urusan lainnya. Pembelian laptop harus disesuaikan apa membutuhkan kapasitas yang sedikit atau besar. Ketahui kapasitas yang diperlukan agar saat sudah terlanjur membeli akan berguna untuk jangka waktu yang lama.

Rencanakan juga ingin membeli merek atau tipe laptop apa sebelum datang ke tempat membeli laptop bekas. Hal ini agar tidak merasa kebingungan saat dihadapkan dengan berbagai pilihan merek atau tipe sehingga tidak asal memilih tanpa menelusuri bagaimana kelebihan/kekurangan merek tersebut.

Baca Juga -   5 Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online Agar Bisa Mendapatkan Barang yang Berkualitas

2. Kenali Tempat Membeli

Mengenali tempat membeli laptop bekas bisa dijadikan salah satu tips membeli laptop bekas. Ini dikarenakan jika tempat tersebut sudah terpercaya di masyarakat tentu tidak akan terjadi pembohongan atau tertipu. Mintalah saran dari teman-teman mengenai tempat-tempat membeli laptop bekas agar bisa terjamin daya tahannya. Telusuri pula berapa kisaran harga untuk laptop bekas agar tidak terjadi penipuan dengan harga yang terlalu tinggi.

Usahakan membeli ditempat yang paham mengenai seluk beluk tentang laptop. Tujuannya agar saat membeli bisa bertanya dan meminta saran karena yang paham tentang laptop akan menyarankan laptop bekas yang masih baik seperti apa. Bisa juga mengajak orang yang paham mengenai laptop agar tidak salah pilih ketika akan membeli laptop bekas.

3. Lihat Body Laptop

Tips membeli laptop bekas yang berikutnya adalah dengan memperlihatkan body laptop. Lihat body laptop apakah masih bagus atau tidak selain itu hati-hati jika ada kerusakan yang dianggap fatal karena bisa jadi akan merusak komponen dalam. Kemudian bila saat pengecekan ditemukan lecet sedikit yang tidak mempengaruhi kompenan dalam maka pembeli tidak perlu khawatir.

Baca Juga -   Nonton Loki Season 2 Episode 3 Sub Indo, Variant Kang Dibawa ke TVA!

Meskipun bekas, tapi pemilihan body laptop juga menjadi hal utama yang penting diperhatikan. Pasalnya, bisa saja body laptop yang sudah lecet mempengaruhi kinerja laptop dan dikhawatirkan merusak komponen di dalamnya.

4. Cek Lubang Soket Laptop Bekas

Sebelum membeli harus melakukan beberapa pengecekan terutama pada beberapa lubang soket. Cek apa soket bisa berfungsi dengan baik atau tidak secara langsung agar saat digunakan bisa berfungsi dengan baik.

5. Pastikan Keyboard Baik

Keyboard juga salah satu hal terpenting yang harus dicek saat membeli laptop bekas. Kerusakan keyboard tentu akan menghambat pekerjaan sehingga membutuhkan waktu lebih lama. Selain keyboard tanyakan pula bagaimana kondisi komponen dalam apa terdapat kerusakan yang akan berpengaruh pada komponen lainnya atau tidak.

Itulah beberapa tips membeli laptop bekas yang dapat dilakukan. Berhati-hatilah saat membeli laptop bekas, diperlukan ketelitian dan kecermatan saat pengecekan. Pahami terlebih dahulu laptop bekas seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan agar tidak membuat uang yang dikerjakan sia-sia jika laptop tidak bertahan lama.

Baca Juga -   5 Kelebihan Honor X7a, HP yang Bagus Namun Tidak Terkenal di Indonesia!