Bearish Engulfing Adalah? Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya!

Pada pasar keuangan, terdapat berbagai macam pola candlestick yang oleh para trader bisa digunakan dalam menganalisis pergerakan harga. Bearish engulfing adalah salah satu pola yang

Rianda

bearish engulfing adalah

Pada pasar , terdapat berbagai macam pola candlestick yang oleh para trader bisa digunakan dalam menganalisis pergerakan harga. salah satu pola yang sering muncul dengan kekuatan prediksi yang signifikan.

Bearish engulfing akan dibahas secara mendalam dalam artikel ini, termasuk pengertian, kelebihan, dan kekurangannya dalam konteks . Dengan memahami hal itu maka kegiatan trading bisa jadi lebih mudah dan pastinya menguntungkan.

Table of Contents

Apa Itu Bearish Engulfing?

Bearish engulfing adalah pola candlestick yang mengindikasikan pembalikan tren dari bullish (naik) menjadi bearish (turun) dalam pasar keuangan. Sama seperti pola lain, bearish engulfing juga mempunyai karakteristik yang bisa diamati.

Pola ini terdiri dari dua candlestick, yaitu candlestick bullish diikuti oleh candlestick bearish yang lebih besar dan sepenuhnya menelan (engulf) body candlestick sebelumnya. Istilah-istilah ini akan lebih mudah dipahami jika telah dasar trading.

Candlestick bearish yang lebih besar tadi menunjukkan dominasi penjual yang kuat dan biasanya mengindikasikan penurunan harga yang lebih lanjut. Hal inilah yang diamati dari munculnya pola bearish engulfing.

Berbekal informasi tersebut, bearish engulfing menjadi salah satu pola yang sering digunakan para pemain . Dengan penurunan harga yang bisa diidentifikasi lebih awal maka mereka bisa memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan.

Keunggulan Bearish Engulfing

Sama seperti pola trading yang lain, bearish engulfing hadir dengan beberapa kelebihan yang membuatnya unggul. Inilah yang menyebabkan banyak pemain trading memanfaatkan pola yang satu ini. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki bearish engulfing:

  • Indikasi Pembalikan Tren. Bearish engulfing memberikan sinyal yang kuat tentang pembalikan tren pasar. Ketika pola ini muncul setelah tren naik yang kuat, ini bisa menjadi tanda bahwa pasar akan berbalik arah dan tren penurunan akan dimulai.
  • Potensi Keuntungan Yang Besar. Saat bearish engulfing terkonfirmasi, trader dapat mengambil posisi short (jual) untuk memanfaatkan penurunan harga yang signifikan. Hal ini dapat memberikan peluang keuntungan yang besar jika analisis dan manajemen risiko yang tepat diterapkan.
  • Validitas Cenderung Tinggi. Pola bearish engulfing adalah salah satu pola candlestick yang dianggap memiliki tingkat validitas yang tinggi. Dalam banyak kasus, pola ini menghasilkan pergerakan harga yang sesuai dengan prediksi, sehingga dapat diandalkan oleh para trader.

Beberapa kelebihan di atas dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan keuntungan dari penggunaan metode Bearish Engulfing. Beberapa trader profesional sudah sering memanfaatkannya dan bisa juga dicoba oleh pemula

Kelemahan Metode Bearish Engulfing

Selain kelebihan-kelebihan yang menarik, bearish engulfing pastinya juga mempunyai kekurangan yang sebaiknya dipertimbangkan dengan baik. Simak penjelasan dari beberapa kekurangan yang dimiliki bearish engulfing berikut ini:

  • False Signal. Meskipun bearish engulfing umumnya dianggap sebagai sinyal pembalikan yang kuat, terkadang pola ini juga dapat menghasilkan sinyal palsu. Oleh karena itu, diperlukan upaya ekstra untuk memastikan hasil yang diperoleh.
  • Konfirmasi yang Dibutuhkan. Agar bearish engulfing dianggap valid perlu konfirmasi tambahan dari pergerakan harga setelah pola terbentuk. Proses konfirmasi ini bisa membutuhkan waktu cukup lama dan mampu mengurangi peluang entry yang tepat waktu.

Kekurangan tersebut mungkin tidak terlalu menyulitkan bagi sebagian orang. Namun, tentu saja tetap perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Terutama bagi para pemain saham yang baru mulai masuk ke bidang ini.

Itulah pembahasan tentang bearish engulfing adalah apa lengkap dengan penjelasan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Bagi para pemain trading tentunya pembahasan yang telah dipaparkan dalam artikel ini dianggap sangat penting.

Related Post