Cara Menjadi Trader Sukses, Pemula Bisa Merapat Nih!

Cara menjadi trader sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah oleh setiap orang yang tertarik terjun di bidang trader khususnya terkait saham. Sayangnya tidak semua orang benar-benar

Rianda

cara menjadi trader

sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah oleh setiap orang yang tertarik terjun di bidang trader khususnya terkait . Sayangnya tidak semua orang benar-benar paham bagaimana tepatnya.

Dimana pada akhirnya justru membawa diri ke dalam jurang risiko rugi, bukan peluang untung. Menyikapi hal itu, maka diberikan sejumlah cara untuk menjadi seorang trader dalam ulasan berikut.

Cara Menjadi Trader yang Sukses

Untuk menjadi trader sukses dapat dilakukan melalui beberapa langkah tepat. Agar lebih jelas, silahkan ikuti poin-poin langkahnya:

  • Pelajari tentang istilah saham. Langkah awal, pelajari istilah-istilah saham seperti Blue chip yang mempunyai kapitalisasi lebih dari 10 Triliun. Kemudian ada Emiten dan Efek, Bullish dan Bearish, diikuti istilah profit, cut loss, serta stop loss. 
  • Pelajari analisis saham. Langkah selanjutnya, pelajari bagaimana analisis saham yang tepat. Misalnya analisis fundamental yang menilai kinerja dan analisis teknikal yang menilai tren.
  • Buat rencana . Langkah ketiga, tentunya tak ketinggalan rencana trading atau dikenal dengan trading plan. Rencana ini nanti akan membantu trader dalam mengurangi resiko rugi dan mengambil peluang profit.
  • Siapkan modal. Lalu trader harus memiliki modal yang dibutuhkan dalam kegiatan trading. Hanya bagi pemula hati-hati ketika mengeluarkan modal. Biasanya hasil trading yang memuaskan didapatkan dengan jam terbang tinggi.
  • Pilih broker yang tepat. Langkah berikutnya, ada baiknya mengenali broker yang tepat untuk kegiatan trading. Tujuannya agar lebih aman dan risiko rugi bisa dihindari sedini mungkin.
  • dan Pilih saham yang tepat. Langkah terakhir, pilih saham yang tepat untuk mendapatkan capital gain. Salah satu saham yang disarankan bagi pemula adalah Blue Chip dengan alasan volatilitas dinamis sehingga risiko bisa diminimalisir.

Membahas modal yang nantinya di , sebaiknya siapkan modal kecil terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan trading. Dengan begitu analisis dan prediksi fluktuasi pasar dapat terlihat secara nyata.

Pengeluaran modal terbilang cukup riskan dalam di dunia trading. Tentu tidak mau bukan, modal yang dikeluarkan hanya membawa kerugian di masa mendatang? 

Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Trader

Setelah melirik cara menjadi trader sukses diatas maka ada beberapa keahlian yang perlu dimiliki sebagai pelengkap keberhasilan. Untuk yang penasaran, mari intip uraian berikut.

1. Kendalikan Emosi

Capital gain yang besar memang menggiurkan dalam menginvestasikan saham. Namun ada kalanya analisis yang salah dan emosional yang menggebu-gebu membuat resiko menjadi nyata. Inilah mengapa ketenangan dan ketelitian dibutuhkan selama trading.

2. Terapkan Manajemen Modal

Keahlian kedua adalah trader khususnya pemula harus lebih bijak dalam mengatur modal yang diinvestasikan. Di samping itu, kedisiplinan juga tidak boleh sampai diabaikan karena berpengaruh pada modal yang mudah habis.

3. Prediksi Tren Pasar

Keahlian yang tak kalah penting, kemampuan dalam memprediksi pasar perlu dimiliki oleh seorang trader. Tujuannya, dengan mengetahui tren dapat membawa hasil profit yang lebih baik sesuai harapan trader.

4. Jadilah Realistis

Keahlian selanjutnya trader tidak boleh terlalu tinggi dalam berekspektasi keuntungan. Ini hanya membuat trader melakukan investasi tanpa perkiraan. Jadi trader yang realistis cukup penting untuk mencegah risiko kerugian.

5. Paham Kapan Waktu Trading

Keahlian terakhir, seorang trader harus bisa memahami kapan waktu melakukan trading. Baik itu membeli saham, menjual dan menyediakan dalam rekening. 

Itulah cara menjadi trader yang sukses yang bisa saja datang dari pemula. Asalkan memahami setiap informasi trading dan tidak emosional, keuntungan dapat lebih dekat. Namun, apabila terlalu berambisi kerugian yang mendekati.

Related Post