Day Trading Adalah? Ketahui Pengertian Serta Strategi yang Diperlukan

Day trading adalah salah satu metode trading saham untuk berinvestasi yang seringkali digunakan oleh para trader. Meski banyak metode trading yang sering digunakan, day trading

Rianda

day trading adalah

Day trading adalah salah satu metode untuk yang seringkali digunakan oleh para trader. Meski banyak metode trading yang sering digunakan, day trading tidak menunjukkan adanya penurunan popularitas karena bersaing dengan metode lainnya.

Metode ini, dikenal luas di kalangan dunia saham dan valuta asing meski memiliki pro kontra terkait konsep pengaplikasiannya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mari simak penjelasannya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan tetek bengeknya.

Table of Contents

Apa Itu Day Trading?

suatu kegiatan atau perdagangan yang dikenal luas oleh para trader dalam pengelolaan saham dan valuta asing. Perdagangan sistem trading ini biasanya dijual di pasaran dengan harga yang berkualitas dan tentunya terbaik.

Proses perdagangan ini memakan waktu 1 hari saja. Maksudnya bagaimana? Jadi posisi yang dijual di hari tersebut tidak akan dijual lagi pada hari berikutnya. Posisi yang buka tersebut tidak akan dialihkan lagi di hari-hari berikutnya.

Banyak yang mengatakan jika sistem day trading ini lumayan rumit sehingga membuat beberapa orang gagal panen sahamnya. Oleh sebabnya, sebelum menggunakan sistem day trading ini, trader harus paham dulu bagaimana pengaplikasiannya yang baik dan menguntungkan.

Biasanya para trader menggunakan strategi ini dengan memanfaatkan sejumlah leverage dan strategi perdagangan jangka pendek. Hal ini digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap pergerakan harga yang relatif kecil pada mata uang yang memiliki nilai likuiditas tinggi.

Meskipun banyak yang gagal dalam menggunakan sistem ini, tak jarang pula bahwa masih memiliki banyak peminat. Alasannya dikarenakan dengan sistem ini akan didapatkan kepastian suatu profit atau loss dengan cepat tanpa memakan waktu yang lama.

Banyak pula yang mengungkapkan bahwa dengan menggunakan strategi day trading adalah strategi yang sangat menantang bagi investor pemula. Terlebih bagi para investor dengan perencanaan saham yang menantang, sehingga akan benar benar memberikan keuntungan besar apabila telaten.

Dapat diartikan bahwa day trading ini mencermati dan memanfaatkan momen pergerakan naik turunnya harga saham dalam masa perdagangan. Umumnya, para day trader memiliki besar untuk ini karena didanai oleh pihak-pihak tertentu selama trading.

Strategi Pengelolaan Day Trading

Setelah memahami maksud dari day trading adalah pengelolaan sistem dagang saham dalam satu hari yang sifatnya terbatas. Terdapat beberapa strategi yang seringkali digunakan para trader untuk melakukan aksinya.

  • Dengan strategi ini, trader cenderung melakukan trading dalam jangka waktu yang relatif singkat semisal 1 sampai 5 menit tiap sesinya.
  • Range trading. Untuk menentukan keputusan trader dalam perdagangan saham, trader menggunakan sistem level support dan resistance yang sudah ditentukan harganya.
  • based trading. Perdagangan saham dalam konteks ini menggunakan sistem berita dengan memanfaatkan volatilitas tinggi yang disiarkan melalui berita.
  • . Sebelum melakukan eksploitasi inefisiensi pasar alam jangka kecil dan pendek, dilakukanlah menggunakan algoritma yang super canggih.

Faktor yang Memengaruhi Day Trading Saham

Day trading adalah sistem perdagangan saham dalam jangka waktu singkat dimana terdapat faktor faktor tertentu yang bisa mempengaruhinya. Berikut uraiannya:

  • Data ekonomi. Total data ekonomi sangat mempengaruhi terhadap pergerakan lancar tidaknya pasar saham.
  • Kondisi saham. Kondisi suatu saham tertentu mempengaruhi terhadap sentimen perdagangan saham di pasar.
  • Membeli pasar saat dibuka. Saat pasar dibuka, dan orang-orang membelinya maka akan semakin banyak volume perdagangan sehingga menjadi lebih tinggi nilai sahamnya.
  • Jeda perdagangan tengah hari. Dalam hal ini biasanya akan terjadi penurunan volume transaksi yang akan mempengaruhi volatilitas di pasaran.

Pada dasarnya, day trading adalah yang hanya dilakukan dalam waktu 1 sampai 2 hari saja untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga trader harus memutarkan modalnya agar mendapatkan keuntungan investasi yang tinggi dalam waktu relatif singkat.

Baca Juga: 5 Strategi Trading Forex Harian, Pahami Cara Kerjanya!

Related Post