Sirkulasi Air Jadi Lancar! Ini Dia 5 Fungsi Selang Kecil Pada Filter Aquarium yang Wajib Kalian Tahu!

fungsi selang kecil pada filter aquarium

Mungkin banyak dari teman-teman yang masih bertanya-tanya terkait apa sih fungsi selang kecil pada filter aquarium? Untuk itulah, kami akan membahasnya pada artikel berikut ini.

Jadi simak terus artikel ini sampai habis ya, tentang apa saja fungsi selang kecil pada filter aquarium tersebut?

Apa Saja Fungsi Selang Kecil Pada Filter Aquarium?

fungsi selang kecil pada filter aquarium

Memang fungsi selang kecil pada filter aquarium bermacam-macam, tergantung dari lubangnya juga. Maka dari itu, bagi kalian yang memang ingin membuat aquarium ideal, maka simaklah artikel ini sampai habis ya!

1. Gerakan Arus Sirkulasi Air Jadi Lebih Baik

Gerakan aliran sirkulasi dari dasar ke permukaan akuarium akan mengangkut dan melepaskan gas beracun (karbon, nitrogen), sehingga ikan yang hidup di dalamnya tetap sehat dan lincah karena tidak terganggu oleh pernapasan.

Baca Juga -   5 Jus Untuk Diet yang Cocok Diminum Ketika Buka Puasa Bulan Ramadhan!

2. Bisa Membawa Oksigen

Pergerakan aliran air dari permukaan ke pangkal akuarium akan membawa oksigen diserap dari udara sehingga lapisan air di bawahnya mendapatkan penambahan oksigen baru.

Oksigen kemudian akan tersebar secara merata di akuarium sehingga ikan hias mendapatkan oksigen yang cukup untuk bernafas dan bebas bergerak ke mana-mana.

3. Menjaga Suhu Air

Gerakan aliran sirkulasi berfungsi untuk menjaga keseimbangan suhu air sehingga suhu air di bagian atas, tengah dan dasar akuarium yang seragam.

4. Membantu Meretakan Kadar Garam

Gerakan aliran sirkulasi juga membantu tingkat kadar garam di air akuarium sehingga tidak ada garam yang menetap di dasar akuarium. Dengan demikian, salinitas air dari lapisan atas ke dasar akuarium yang seragam.

5. Bisa Membantu Membersihkan Air Didalam Aquarium

Gerakan aliran sirkulasi juga membantu menjaga kebersihan air akuarium sehingga air yang digunakan untuk mengisi akuarium dapat bertahan lama.

Gerakan sirkulasi akan mengurangi pertumbuhan lumut (sebenarnya ganggang hijau) yang menempel pada dinding kaca dan meningkatkan daya kerja filter dalam memfilter dan mengisap partikel kotoran yang melayang di dalam air.

Baca Juga -   Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Kesimpulan dan Penutup!

fungsi selang kecil pada filter aquarium

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait apa sih fungsi selang kecil pada filter aquarium? Serta pembahasan lengkapnya.

Jika mungkin ada kesalahan tulisan ataupun typo dalam kalimat, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, kami berjanji akan melakukan yang terbaik untuk memberikan informasi kepada teman-teman semua.

Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman, kerabat, pacar, keluarga terdekat atupun bahkan keluarga dari jauh, agar kami semakin rajin dan giat memberikan informasi menarik lainnya kepada kalian.

Mudah-mudahan informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman dan menjadi tambahan ilmu untuk kehidupan nantinya.

Sekian dulu dari kami dan terimakasih sudah membaca artikel ini ya. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya ya! Bye-Bye.