6 Metode Cara Belajar yang Efektif agar Cepat Mengerti

Cara belajar yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam memahami tiap materi pelajaran yang disampaikan. Seperti diketahui, belajar merupakan kewajiban utama bagi seluruh pelajar. Belajar

Syadir

cara belajar
Foto: Freepik

yang baik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam memahami tiap pelajaran yang disampaikan. Seperti diketahui, belajar merupakan kewajiban utama bagi seluruh .

Belajar yang baik adalah bagaimana yang bisa menghasilkan perkembangan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya.

Table of Contents

Cara Belajar yang Ideal

Banyak pelajar yang memiliki metode cara belajar yang mereka anggap ideal untuk mereka sendiri yang disesuaikan dengan karakter dan kesukaan mereka agar lebih cepat memahami materi pelajaran yang hendak dipelajari.

Misalnya, ada siswa yang lebih cepat memahami tiap materi pelajaran, jika sambil ngemil. Atau ada juga siswa yang lebih bisa mengerti materi pelajaran jika belajar sambil rebahan. Atau berbagai metode lain cara belajar yang disesuaikan dengan karakteristik dari masing-masing siswa.

Menentukan Cara Belajar yang Sesuai

Menentukan cara belajar yang sesuai khususnya ketika belajar di rumah umumnya membutuhkan kemauan yang tinggi, karena umumnya siswa cenderung lebih malas belajar ketika sedang berada di rumah, bahkan ada sebagian siswa lainnya lebih memilih menunda belajar mereka dan menganggap hanya yang bisa menjadi tempat belajar.

Oleh karena itu, dibutuhkan kemauan, niat serta konsistensi yang besar bagi para siswa untuk bisa mulai belajar tiap materi pelajaran yang disampaikan, ingatlah cara belajar yang benar adalah memahami materi pelajaran bukan justru menghapal materi pelajaran. Berikut 7 cara belajar yang direkomendasikan agar siswa bisa lebih cepat memahami materi pelajaran:

Membangun Suasana yang Nyaman

Cara belajar yang pertama adalah membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu terbangun, misalnya: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman, atau diruangan ber-AC

Mulai Merangkum Esensi Materi Pelajaran

Merangkum materi pokok pembelajaran juga tak kalah penting sebagai salah satu metode belajar yang efektif. Karena jika Anda membaca 1 maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut

Belajar Kelompok

Metode belajar kelompok sebagai salah satu cara belajar ini seringkali di katakan metode yang paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

Memodifikasi Esensi Materi dengan Membuatnya Menyerupai Nama Sesuatu

Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.

Belajar sekaligus Praktek

Belajar sambil praktek adalah metode belajar yang sangat efektif. Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, Anda bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu Anda bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.

Tak Perlu Lama asal Rutin

Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari.  Dengan membiasakan atau membuat jadwal khusus untuk belajar sebagai metode belajar, akan membuat Anda terbiasa dan lebih cepat memahami pelajaran. Tak perlu lama, cukup alokasikan waktu misal 45 menit dalam sehari ketika berada di rumah khusus untuk belajar.

Ingatlah pelajaran itu untuk dimengerti bukan dihapal. Sebenarnya tidak salah hanya saja rasanya kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

Related Post