jual nft
Foto: Freepik/pikisuperstar

Cara Jual NFT di Open Sea dengan 4 Langkah Mudah

Sejak viralnya akun milik Ghozali Everyday yang mampu meraup penghasilan milyarn rupiah dari memicu maraknya jual NFT yang tingkat pengguna NFT terus mengalami lonjakan tajam khususnya di Indonesia.

Beragam karya mulai dari foto, hingga karya seni mulai dari yang berkualitas hingga yang nyeleneh bisa ditemui sebagai karya digital yang unik, lucu dan bahkan memiliki nilai jual yang tinggi di mata kolektor karya digital.

Namun demikian, meski sudah memiliki akun dan akses NFT secara khusus masih banyak pengguna NFT yang bingung menghasilkan dari proses jual beli di NFT.

Jual NFT dan Ketahui Aset yang Berpotensi

Sebelum memulai aktivitas jual beli di NFT khususnya menjual karya digital, ada baiknya mencari referensi tentang asset digital yang punya potensi untuk menghasilkan cuan. Ada baiknya, membuat karya digital yang memiliki nilai seni tinggi misal karya foto, video atau bahkan karya seni lain seperti lukisan misalnya.

Mulai Jual NFT di

Setelah mengetahui jenis atau karya digital yang potensial maka mulailah melakukan aktivitas jual NFT sebenarnya sangat mudah dilakukan, meskipun bagi pengguna yang masih awam sekalipun, namun dengan syarat harus sudah memahami proses jual beli di NFT secara umum dan tentu saja memiliki karya digital untuk dijual di platform global tersebut.

Baca Juga -   4 Pilihan Investasi Jangka Menengah Ini Sangat Prospek

Tahap Memulai Jual NFT

Sebelum memulai aktivitas jual beli di NFT ada baiknya untuk mengumpulkan berbagai koleksi karya digital kamu dan mengelompokkannya secara khusus, misalnya untuk kategori karya foto, video maupun karya lainnya.

Setelah itu, klasifikasikan kembali tiap karya digital, misalnya: karya foto bertema alam, human interest dan lainnya, tujuannya untuk memudahkan kolektor maupun siapapun yang berminat untuk membeli karya digital kamu dalam melakukan proses pencarian karya digital yang tepat.

Langkah selanjutnya akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Pilih block chain yang akan digunakan untuk proses mint di NFT, terdapat tiga pilihan yakni: euthereum, polygon dan klatyn.
  • Setelah itu, klik Create dan beri di wallet untuk memverifikasi karya NFT kamu yang akan dijual nantinya.

Setelah memiliki NFT, tahap selanjutnya adalah mulai mempelajari cara atau proses jual beli di NFT. Untuk kamu yang ingin menghasilan cuan dari NFT maka, berikut cara menjual di NFT, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman Open Sea
  • Pilih gambar profil di menu Profil
  • Kemudian pilih jenis NFT yang hendak dijual berdasarkan wallet yang kamu miliki
  • Jika sudah, klik Sell di pojok kanan atas laman Open Sea
Baca Juga -   Galaxy Z Fold 4 Harga dan Spesifikasi, Si HP Samsung yang Paling Keren

Dalam NFT terdapat dua jenis cara menjual NFT yakni: Fixed Price atau harga tetap dari karya digital atau NFT yang kamu miliki serta Time Auction atau harga yang ditetapkan berdasarkan hasil lelang dari karya NFT yang kamu miliki, pilih salah satu jenis cara menjual NFT dari kedua jenis tersebut.

Di Open Sea ini, kamu bisa mengarahkan karya digital kamu untuk orang atau kolektor tertentu caranya klik Reverse for Specific Buyer.

Setelah semua form diisi, akan ada charge atau biaya penggunaan layanan yang besarnya 2,5 persen, sedangkan untuk royalty bagi kreatornya adalah sebesar 10 persen, jika sudah klik Post Your Listing.

Isi secara detail informasi dari NFT kamu untuk memudahkan kolektor memahami dan mencari NFT milik kamu sebelum di post di NFT. Dan, kamu sudah siap menjual NFT.