11 Cara Memasang Atribut Pramuka SD Putri Lengkap dengan Semua Penjelasannya!

RUJUKANNEWS.com – Adapun cara memasang atribut pramuka SD putri atau tanda pengenal pada seragam pramuka untuk pramuka siaga. Berbagai macam tanda pengenal (terkadang disebut atribut) harus melekat pada seragam pramuka.

Atribut Siaga Pramuka mulai dari cap, pengukuhan dan spanduk WOSM (Pramuka Dunia), dog tag, tag lokasi, gudep, dan badge area. Juga merek barung dan TKU (tanda kompetisi umum) serta TKK (tanda kompetisi khusus).

Bagaimana Cara Memasang Atribut Pramuka SD Putri yang Lengkap?

cara memasang atribut pramuka SD putri
11 Cara Memasang Atribut Pramuka SD Putri Lengkap dengan Semua Penjelasannya! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Pemasangan atribut tersebut sama untuk pramuka putra dan putri, namun ada juga beberapa atribut yang bentuk dan letak pemasangannya berbeda. Untuk itulah cara memasang atribut pramuka SD putri juga harus kamu pahami.

Penjelasan penggunaan atribut Siaga Pramuka

Berikut ini adalah penjelasan mengenai penggunaan atribut dan cara memasang atribut pramuka SD putri.

1. Tanda tutup kepala; Bentuk lingkaran (son) dan jajaran genjang (son) dengan warna dasar hijau. Dipasang di bagian depan penutup penjelajah.

2. Tanda Panduan Dunia (WOSM); Warna dasar ungu. Untuk putri seperti yang sebekumnya. Sedangkan untuk pria berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) di sebelah kanan.

3. Tanda kutipan; Warna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran dipasang di leher kiri.

4. Papan nama; Warna dasar coklat muda. Baik pria maupun cara memasang atribut pramuka SD putri dikenakan di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju dan di bawah World Guide Symbol (WOSM).

5. Penanda lokasi Kwarcab; Berisi nama lingkungan cabang (Kabupaten/Kota) tempat tinggal anggota pramuka. Lengan pria dan wanita pas di kanan, di bagian atas.

6. Tanda klaster; Berisi nomor kelompok depan yang diikuti oleh anggota pramuka.

7. Lencana/Lencana Daerah; Berisi lambang daerah tempat tinggal anggota pramuka.

8. Tanda Keahlian Khusus (TKK) Siaga; Bentuk segitiga terbalik. Untuk pria dan wanita, lengan baju dipasangkan di kanan, kiri, kanan, dan di bawah lambang daerah. Pemasangan TKK di lengan maksimal 5 TKK. Jika memiliki TKK lain (lebih dari lima) sisanya ditaruh di selendang TKK.

9. Tanda posisi; Berupa tanda besar, pimpinan Barung atau wakil pimpinan Barung.

10. Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama Barung. Untuk wanita dan pria ditempatkan di bagian atas lengan kiri.

11. Tanda Kompetensi Umum (TKU) Siaga; Ini terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Mula, Bantu dan Tata.

Akhir Kata

Selain cara memasang atribut pramuka SD putri, seragam pramuka juga dapat dilengkapi dengan tiska (token partisipasi kegiatan), token dan badge pramuka Garuda, dan token penghargaan lainnya.

Lencana Pramuka Garuda (berupa medali dengan pita) dikenakan di leher bersamaan dengan ikat leher Pramuka. Sedangkan tiska (Tanda keikutsertaan dalam kegiatan) dipasang sesuai ketentuan tiska.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Check Also

fungsi insert

Bisa Mengatur Halaman Dokumen! Ini Dia 5 Fungsi Insert Pada Menu Microsoft Word!

Pada Microsoftword terdapat menu fungsi insert yang sangat berguna untuk merapikan karya tulis yang sedang …