Pengertian Intranet, Sejarah dan Manfaat Intranet

Kita mengenal sebuah teknologi yang dapat menguhubungkan semua orang di dunia ini melalui perangkat elektronik, yaitu Internet. Hampir setiap saat kita terhubung dengan sebuah jaringan

Syadir

pengertian intranet

Kita mengenal sebuah yang dapat menguhubungkan semua orang di dunia ini melalui perangkat elektronik, yaitu .

Hampir setiap saat kita terhubung dengan sebuah internet. Mulai dari sekedar pengunaan sebagai hiburan hinga penggunaan sebagai .

Ya Internet merupakan sebuah jaringan yang dapat melakukan komunikasi melalui perangkat elektronik seperti dan komputer. Tapi ternyata bukan hanya Internet yang bisa menghubungkan seseorang agar dapat berkomunikasi.

Ada satu teknologi yang dapat menghubungkan seseorang agar dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronik. Yaitu adalah Intranet.

Apa itu Intranet?

Jika Internet adalah sebuah jaringan yang dapat menghubungkan semua pengguna perangkat elektronik tanpa batasan. Maka Intranet adalah sebaliknya.

Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan yang mirip dengan Internet namun bersifat private/pribadi. Artinya jangkauan dari Intranet tidak seluas jangkauan Internet.

Dan sama seperti Internet, Intranet juga menggunakan Teknologi IP agar dapat saling terhubung dengan orang lain. Intranet sendiri bisa kita temukan di lingkungan perusahaan atau sekolahan. Karena jaringan Intranet cocok untuk sekala kecil dengan biaya yang murah.

Bila kita lihat kerja intranet itu sama seperti cara kerja jaringan LAN (local area network). Yang dapat menghubungkan beberapa komputer dalam satu ruangan.

Dan dapat saling berbagi file yang ada. Nah kurang lebih seperti itulah Intranet.

info nih: Gimana sudah tau tentang Intranet dan Internet?. Jika sudah alhamdulillah. Tapi perlu juga diketahui untuk semuanya, di dalam jaringan itu ada banyak modelnya.

Yang pertama itu ada LAN atau Local Area Network.
Yang kedua itu ada PAN atau Personal area network
Yang ketiga ada jaringan MAN atau dikenal juga dengan Metropolitan Area Network. Dan ada juga yang namanya WAN atau Wide area Network.

Dimana semua model jaringan diatas bisa saling membuat pengguna perangkat elektronik saling terhubung. Namun memiliki jarak yang berbeda-beda.
Misal si LAN cuma area lokal saja, dan si WAN itu global bisa antar negara bahkan benua wow.

Nah untuk lengkap mengenai jaringan LAN, WAN, dan MAn akan kita bahas di artikel selanjutnya. Karena disini kita fokuskan ke Pengertian Intranet, sejarah dan manfaat intranet.

Manfaat Intranet

1. Dari Segi Biaya

Kalau dilihat dari segi biaya Intranet lebih unggul dari Internet, karena murah. Intranet bisa mengirimkan data tanpa memerlukan akses ke Internet. Sehingga tidak butuh biaya banyak untuk membuat jaringan Intranet ini, bisa disebut LAN.

2. Perkerjaan

Untuk perkerjaan Intranet sangat membantu seperti fungi internet, yaitu bisa saling bertukar data perusahaan.

3. Hampir sama dengan Internet

Inti dari jaringan Intranet itu sama seperti internet. Bisa untuk komunikasi, perkerjaan, atau lainnya. Namun point dari Intranet adalah jaringan seperti internet namun sifatnya lebih sempit/private.

Perbedaan Internet dengan Intranet

Secara lingkup areanya Internet lebih luas jangkauannya dibandingkan dengan Intranet.

Internet :

  • Jangkauan jaringan sangat luas, hampir seluruh benua bahkan seluruh dunia.
  • Perkembangan jaringan Internet sangat pesat dibandingkan Intranet.
  • Bisa diakses kapan saja kita mau, dimana saja kita bisa mengakses internte.

Intranet:

  • Jangkuan jaringan itu relatif lebih kecil dari Internet.
  • Jika dibandingkan dengan Internet, perkembangan Intranet lebih lambat.
  • Untuk mengakses Intranet itu biasanya lewat Perkantoran, atau Universitas.

Sejarah Intranet

Awal mula Intranet itu ketika tahun 1955 oleh provider jaringan yang disesauikan dengan kebutuhan berupa informasi dalam bentuk web di dalam suatu perusahaan. (Maxmanroe.com).

Untuk sejarah intranet yang lebih detail lagi, temen-temen bisa nyari informasi nya di Internet ya. Karena saya sendiri juga tidak terlalu tau dengan awal mulanya sebuah Intranet.

Namun untuk cara kerja sebuah intranet itu seperti yang sudah dijelaskan diatas. Mirip LAN.

Nah demikianlah sedikit dari pengertian intranet, sejarah dan manfaat sebuah jaringan intranet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Tags

Related Post