bisnis online rumahan

6 Cara Buat Video Pembelajaran dengan Mudah Menggunakan Camtasia

Software pembuat pembelajaran untuk kebutuhan pembelajaran secara daring saat ini kian dibutuhkan, meski banyak software maupun program editing video, namun hanya sedikit yang memiliki fitur yang terbilang lengkap.

Salah satu yang cukup bisa diandalkan itu adalah Camtasia. Meski pada dasarnya, program ini pada awalnya dibuat untuk kebutuhan merekam layar baik pada layar maupun komputer, namun Camtasia dianggap memiliki kualitas yang sangat baik untuk membuat video pembelajaran dengan merekamnya secara langsung.

Keunggulan Camtasia untuk Video Pembelajaran

Sebagai salah satu program video terbaik pada perangkat komputer, Camtasia sangat direkomendasikan untuk membuat berbagai jenis video, seperti video , dokumentasi atau video pembelajaran dengan kualitas gambar yang dihasilkan sudah sangat baik dengan standar HD (high definition).

Fitur Utama Camtasia untuk Video Pembelajaran

Terdapat dua fitur utama dari software Camtasia yang sudah sangat populer digunakan, termasuk oleh para tenaga pendidik untuk membuat video pembelajaran, yakni: Camtasia Studio serta Camtasia Recorder. Masing-masing fitur ini, pada prinsipnya saling terintegrasi satu sama lain, berikut penjelasannya:

Baca Juga -   5 Rekomendasi HP 1 Jutaan yang Paling Banyak Dicari

Camtasia Recorder

Pada fitur Camtasia Recorder, digunakan untuk merekam seluruh layar berdasarkan kebutuhan penggunanya, karena dengan mengaktifkan fitur ini, maka seluruh tampilan di layar laptop maupun desktop akan secara otomatis merekam seluruh aktivitas tampilan layar.

Camtasia Studio

Pada fitur studio ini, penggunanya diberi kemudahan untuk melakukan proses editing dari hasil video yang direkam melalui tangkapan layar yang sudah dilakukan pada fitur recorder sebelumya. Namun, Anda juga bisa mengedit file video lain yang ada di dalam perangkat komputer melalui fitur Camtasia Studio ini.

Selain dua fitur utama dari Camtasia itu, terdapat beberapa fitur lain yang tak kalah pentingnya seperti, mendukung beragam format file dokumen video hingga file hasil rekaman maupun hasil editing melalui Camtasia juga bisa dibagikan secara langsung ke publik maupun media sosial.

Buat Video Pembelajaran dengan Camtasia

Seperti yang sudah disebutkan, Camtasia menjadi salah satu software unggulan untuk membuat video pembelajaran dengan mudah serta ramah terhadap penggunanya, karena baik tampilan, fitur maupun tool yang ada di Camtasia dapat dengan mudah dipahami.

Baca Juga -   3 Cara Screenshot (SS) Layar di Laptop Berbasis Windows dan Mac OS dengan Mudah

Berikut cara membuat video pembelajaran dengan Camtasia:

– Buka Camtasia di perangkat komputer, sebelum memulai merekam layar, terlebih dahulu Anda akan diminta untuk mengatur tampilan ukuran layar yang hendak direkam, mulai dari full screen atau disesuaikan dengan kebutuhan pengguna (custom).

– Atur audio jika video ingin dilengkapi dengan suara, sesuaikan volumenya di level yang sedang, jika sudah klik rekam yang ditandai dengan tombol merah.

– Anda bisa memilih Stop setelah selesai merekam layar, kemudian tampilan akan beralih ke proses penyimpanan file hasil rekaman layar, pilih Save & Edit maka tampilan akan beralih ke proses editing video pada fitur Camtasia Studio.

– Atur proses pembelajaran sesuai kebutuhan maupun kreasi Anda, dengan memanfaatkan beberapa tool yang ada di Camtasia seperti efek, warna, menyisipkan shape gambar atau tema dari video yang diedit.

– Selain itu, untuk efek lainnya terdapat pula tool seperti zoom n pan untuk mengatur ukuran dan memperbesar maupun memperkecil tampilan video. Ada pula tool Trantition untuk mengatur perpindahan gambar maupun video yang diedit.

Baca Juga -   Poco M5 dan Poco M5 Pro, Harga Minimal Tapi Performa Maksimal!

– Jika dirasa sudah sesuai keinginan, klik Produce & Share setelah itu klik Next untuk memiliki folder penyimpanan video hasil editan, setelah itu klik Finish