3 Keunggulan Google Meet dan Cara Mengubah Nama Penggunanya

google meet
Foto: Freepik/upklyak

Pengembangan teknologi yang dilakukan oleh google meliputi surat elektronik dan software-software online dan produk-produk aplikasi untuk menunjang kinerja seperti Google Drive, Goole Form, Google Maps hingga Google Meet.

Dan terbukti ketika masa pandemi akibat Covid-19 beberapa waktu lalu, banyak aplikasi yang dibuat oleh google dirasakan amat membantu tugas-tugas kantor yang harus dilakukan di rumah. Termasuk juga untuk siswa yang harus belajar secara daring di rumah.

Sejatinya google meet yang dirilis tahun 2017 adalah layanan komunikasi video yang sejak awal disiapkan untuk menggantikan google hangouts yang kurang mendapat sambutan dari masyarakat.

Kelebihan Google Meet

Terdapat sejumlah kelebihan dalam penggunaan aplikasi ini untuk kepentingan kerja maupun belajar, yakni;

Gratis

Layanan ini bisa diunduh secara gratis melalui mesin peramban komputer maupun laptop atau bisa juga melalui playstore di HP android.

Baca Juga -   Resep Bolu Kojo Panggang Kekinian yang Cocok Dijadikan Ladang Bisnis Rumahan Baru!

High Definition (HD)

Google menyematkan resolusi video high definition (HD) yang akan membuat  tampilan video jadi lebih jernih yang tidak akan menganggu proses meeting khususnya ketika menampilkan bahan presentasi penting.

Terenkripsi

Pengguna juga akan lebih aman saat menggunakan google meet karena, aplikasi ini sudah dienkripsi keamanannya. Sehingga, rapat-rapat yang bersifat rahasia tidak akan bisa ditembus oleh pihak luar.

Kelemahan Google Meet

Selain sejumlah keunggulan itu, aplikasi ini juga memiliki sejumlah kelemahan yang juga harus jadi perhatian buat penggunanya;

Boros Kuota

Ketika mengakses aplikasi ini, maka kamu juga harus siap kuota data kamu bakal tersedot saat menggunakan aplikasi ini. Ini wajar, mengingat aplikasi ini sepenuhnya memanfaatkan video sehingga akan memakan banyak data. Jadi, pastikan sebelum menggelar pertemuan via google meet, kuota kamu sudah memadai atau memanfaatkan fasilitas wifi agar koneksi kamu tidak putus saat rapat tengah berlangsung.

Akses yang Stabil

Pastikan saat menggunakan google meet, kamu berada di jaringan internet yang stabil. Jika tidak, kamu bakal kesulitan mengikuti jalannya rapat, karena video akan terlihat putus-putus termasuk berimbas pada kualitas suara yang dihasilkan.

Baca Juga -   Cara Presentasi di Google Meet dengan 6 Langkah Mudah

Tak semuanya Gratis

Setahun lalu, boleh jadi google memang menggratiskan semua fitur premium yang ada di google meet. Tapi,tahun 2021 ini tak semua fitur bisa digunakan cuma-cuma. Pada fitur gratis, durasi meeting hanya dibatasi sampai 1 jam dan kapasitas peserta rapat tak lebih dari 100 peserta.

Cara Mengubah Nama di Google Meet

Tapi, diantara kekurangan google meet itu, google juga masih memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengeksplorasi aplikasinya seperti memasang foto profil dan mengubah nama sesuai keinginan atau sekedar menggunakan inisial berupa karakter dan ini bisa kamu lakukan gratis tanpa harus berlangganan G suite.

Meskipun saat login di aplikasi ini, google akan secara otomatis men-sinkronisasi akun yang digunakan pada perangkat untuk mengaksesnya.

Cara mengubah nama akun di google meet baik melalui komputer maupun HP android pun terbilang mudah;

Mengubah Nama Google Meet melalui PC atau Laptop

Masuk ke akun google meet kemudian pilih foto profil yang terletak di kanan atas tampilan dan pilih ‘kelola akun google’. Ketika memilih menu ini, kamu akan masuk ke pengaturan akun, selanjutnya pilih info pribadi di tab kiri menu. Di laman ini, kamu tinggal mengubah nama yang ingin kamu tampilkan saat menggunakan aplikasi dan jika sudah selesai klik ‘simpan’.

Baca Juga -   Mudah dan Praktis, 3 Cara Presentasi di Google Meeting

Mengubah Nama Google Meet Melalui HP Android

Jika kamu ingin mengubah nama pada tampilannya di HP android. Caranya, setelah masuk ke akun aplikasi ini kemudian pilih menu hamburger atau ikon tiga baris di bagian kiri tampilan. Selanjutnya, tap nama kamu kemudian pilih ‘kelola akun google’ yang akan langsung mengarahkan tampilan ke laman pengaturan. Tahap selanjutnya pilih info pribadi dan pilih nama di bagian profil di bawah tampilan. Setelah berhasil mengubah nama, kamu bisa langsung mengakses aplikasi.