7 Rekomendasi Sayur untuk Diet yang Bantu Turunkan BB

RUJUKANNEWS.com – Guys! Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menurunkan berat badan, tentu tidak cukup hanya dengan olahraga. Kamu juga perlu menambahkan makanan sehat ke

Mutiara Annisa

Sayur untuk diet
7 Rekomendasi Sayur untuk Diet yang Bantu Turunkan BB (sumber foto: Pixabay)
sayur untuk diet
7 Rekomendasi yang Bantu Turunkan BB (sumber foto: Pixabay)

RUJUKANNEWS.com – Guys! Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menurunkan berat badan, tentu tidak cukup hanya dengan . Kamu juga perlu menambahkan sehat ke dalam menu harian. Salah satunya adalah sayur-sayuran. Lantas, apa saja sih jenis sayur untuk diet yang baik untuk dikonsumsi?

7 Rekomendasi Sayur untuk Diet 

Pernahkah kamu bertanya-tanya, harus makan sayur apa agar cepat kurus? Tenang dulu, guys, di bawah ini telah kami rangkum beberapa rekomendasi sayur untuk diet yang bisa kamu coba:

1. Jamur

Tahukah kamu bahwa jamur cukup bagus untuk dikonsumsi saat diet? Hal ini dikarenakan jamur dapat membantu menjaga kadar gula tubuh tetap terkontrol. Maka dari itu, sayur yang satu ini punya peran penting dalam menurunkan berat badan.

Selain kontrol gula darah, jamur juga dianggap mampu dalam meningkatkan metabolisme tubuh kita. Semakin lancar proses metabolisme, makin efisien pula pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh kita.

2. Brokoli

Pilihan sayur untuk diet yang kedua adalah brokoli. Sayuran ini punya banyak fitokimia, yaitu senyawa yang dipercaya bisa bantu meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Nah, biar nutrisi brokoli tetap terjaga dengan baik, lebih baik kamu  mengkonsumsi brokoli dengan dikukus, ya.

3. Kembang Kol

Sayur untuk diet yang selanjutnya adalah kembang kol. Sayuran ini dinilai cocok sekali untuk kamu yang lagi berjuang untuk menurunkan BB. Alasannya? Karena kembang kol punya senyawa phytonutrient sulforaphane yang bisa bantu memperlancar pencernaan kamu.

Selain itu, kembang kol juga punya manfaat sebagai sumber asam folat dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Kedua nutrisi ini sangat berguna untuk tubuh. Bahkan buat kamu yang tidak sedang menjalani diet sekalipun, lho.

4. Bayam

Sayuran yang oke buat diet berikutnya adalah sayuran yang berdaun hijau, contohnya bayam. Bayam merupakan salah satu sayur favorit banyak orang karena rasanya tak pahit dan cukup mudah diolah jadi apa saja. 

Mulai dari kukus biasa hingga dimasak menjadi sayur bening saja. Sayur ini juga punya serat yang bisa bantu kurangi timbunan lemak perut serta rendah kalori. Sehingga cocok banget buat kamu yang lagi diet.

5. Labu

Labu adalah salah satu jenis sayuran yang cocok bagi kamu yang lagi menjaga berat badan. Selain punya sedikit kalori, labu juga kaya akan serat yang bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama. 

Ada banyak cara buat menikmati manfaat labu, misalnya bisa kamu tambahkan ke salad atau diolah jadi jus yang segar. Tapi, jangan lupa juga untuk tetap olahraga secara rutin, ya, biar hasilnya lebih maksimal.

6. Wortel

Wortel memang juara buat mata, tapi siapa sangka sayur ini juga masuk ke dalam daftar sayur untuk diet. Wortel sendiri punya kalori yang sedikit dan penuh dengan serat. Sehingga cocok banget buat kamu yang pengen nurunin berat badan. 

Nah, untuk menyantap wortel, kamu bisa langsung kukus saja atau bikin jadi jus yang segar. Selain itu, kamu juga bisa campurin wortel sama sayuran lain, contohnya dimasak menjadi sayur sup yang sehat.

7. Asparagus

Terakhir, ada asparagus sebagai sayuran ‘ajaib' karena bisa bantu kamu menurunkan BB. Adanya kandungan asparagine dalam asparagus memberikan efek positif pada sel-sel tubuh sebab membantu proses pembakaran lemak jadi lebih cepat. Nah, buat kamu yang pengen coba, cukup olah asparagus jadi sup krim yang lezat atau kukus biasa.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai apa saja jenis sayur untuk diet yang dapat kamu coba. Sejatinya, antara konsumsi dan berolahraga haruslah seimbang. Sehingga nanti hasil akhir diet jadi memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, guys! 

Related Post