7 Tips Awet Muda Lewat Kebiasaan Sederhana

RUJUKANNEWS.com – Guys! Kamu pasti ingin tetap awet muda, bukan? Walaupun penuaan tidak bisa kita hindari sepenuhnya, tapi ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu

Mutiara Annisa

Awet muda
7 Tips Awet Muda Lewat Kebiasaan Sederhana (sumber foto: Pixabay)
Awet muda
7 Lewat Kebiasaan (sumber foto: Pixabay)

RUJUKANNEWS.com – Guys! Kamu pasti ingin tetap awet muda, bukan? Walaupun penuaan tidak bisa kita hindari sepenuhnya, tapi ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu ikuti agar tubuh tetap segar. Bahkan rutinitas ini memberikan peluang agar berumur panjang dan pikiran jadi lebih dari sebelumnya, lho.

7 Lewat Kebiasaan Sederhana

Di bawah ini telah kami rangkum apa saja kebiasaan sederhana yang dapat membantu kamu agar awet muda, yaitu:

1. Mengkonsumsi

Seperti yang kita tahu, itu bagaikan kunci ajaib buat menjaga dan penampilan. Sayur dan buah-buahan punya segudang manfaat untuk tubuh.

Mereka punya antioksidan, vitamin, serta mineral yang bisa bantu melawan kerusakan sel dan bikin kulit terlihat segar berseri. Berbagai macam buah dan sayur punya nutrisi yang berbeda-beda. Jadi, coba deh variasikan konsumsinya untuk dapat manfaat lebih banyak.

Selain bikin kamu tetap awet muda, makanan sehat ini juga memberi tubuh semua nutrisi yang dibutuhkan agar tetap fit. Selain itu, kesehatan tubuh yang prima bisa memperpanjang usiamu, loh!

2. Mengurangi Makan Daging Merah

Tahukah kamu kalau daging merah punya kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi? Nah, ini bisa berkontribusi pada penuaan dini, lho.

Jadi, coba deh mulai sekarang ganti dengan sumber protein yang lebih sehat. Contohnya ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kesehatan dan tetap awet muda.

3. Rutin Minum Air Putih 

Air itu seperti elemen ajaib yang bisa menjaga kulit tetap sehat dan lembab. Disarankan agar rutin minum air putih sekitar 8 gelas sehari.

Selain itu, air juga punya peran penting dalam membantu tubuh melakukan detoksifikasi dan menjaga agar organ tubuh tetap bekerja secara optimal. Jadi, air bukan cuma sesuatu yang kita butuhkan, tapi juga salah satu kunci untuk memperlambat proses penuaan.

4. Usahakan Hindari Stres

Stres bisa berdampak pada penuaan entah itu secara mental atau fisik. Maka dari itu, yuk, coba lakukan relaksasi misalnya yoga ataupun meditasi agar tingkat stres berkurang. Menjaga pikiran tetap bahagia dan nyaman adalah kunci utama agar kamu bisa awet muda.

5. Mengurangi Garam dan Gula

Terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula dapat meningkatkan risiko terkena berbahaya lho. Contohnya penyakit jantung dan diabetes, bahkan bisa membuatmu tampak tua lebih cepat. Maka dari itu, ayo coba kurangi asupan garam dengan menghindari fast food atau makanan olahan.

Kamu bisa mencoba lebih sering memasak makanan sendiri yang lebih sehat. Selain itu, ada baiknya batasi juga konsumsi gula tambahan. Baik dalam minuman ataupun makanan demi menjaga tubuhmu tetap awet muda.

6. Berhenti Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol

Kamu mungkin belum tahu, kafein dan alkohol bisa bikin tidur jadi kacau lho. Padahal, tidur itu penting sekali untuk meremajakan sel-sel tubuh. Jadi, coba deh kurangi konsumsi kafein dan alkohol, khususnya sebelum tidur.

Daripada itu, mungkin kamu bisa mencoba minum air herbal atau teh hijau. Ini bukan hanya bagus buat kesehatan, tapi juga bikin pikiran lebih fresh.

7. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Terakhir, ketika kamu tidur, tubuh sedang sibuk-sibuknya memperbaiki diri dan meregenerasi. Jadi, sebaiknya kamu usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam biar tubuh bisa istirahat dengan cukup. Yang tidak kalah penting, pastikan tidurmu berkualitas biar bisa bangun segar bugar.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai tips awet muda lewat kebiasaan sederhana. Semoga saja informasi ini bisa membantu kegundahanmu ya!

Related Post