Mengenal Arti Pump dalam Trading dan Cara Kerjanya, Simak Penjelasannya

Dalam dunia investasi biasanya ada saja transaksi yang merugikan pasar sehingga membuat kondisi pasar menjadi tidak stabil. Biasanya ada yang sengaja menaikkan harga sahamnya dan

Rianda

arti pump dalam trading

Dalam dunia biasanya ada saja transaksi yang merugikan pasar sehingga membuat kondisi pasar menjadi tidak stabil. Biasanya ada yang sengaja menaikkan harga sahamnya dan merekomendasikan. Hal ini biasanya disebut dengan pump. Lalu apa itu sendiri? 

Terutama bagi trader baru, pump ini wajib dipahami, supaya tidak menyesatkan agar dapat menjual harga menjadi lebih tinggi. Maka dari itu simaklah penjelasan dari arti pump dalam .

Arti Pump dan Dump dalam Trading

Secara umum arti dari pumping adalah memompa dan arti dumping adalah membuang, sehingga arti sebenarnya arti pump dalam trading adalah tindakan dari trader memompa harga saham agar naik lebih tinggi dan dump adalah lalu sengaja membuang saham tersebut setelah harganya naik sesuai keinginannya.

Pump dan Dump dalam dunia trading kebanyakan akan dilakukan secara dengan mengunggah pesan atau menelepon yang menarik para trader yang belum memiliki banyak pengalaman agar banyak trader membeli saham dengan cepat.

Jenis Skema Pump dan Dump

Dalam skema pump dan dump memiliki beberapa jenis yang sering digunakan seperti skema klasik, skema salah nomor, dan broiler room.

1.  Skema Klasik

Pada skema klasik ini para trader ini akan menyebarkan informasi palsu kepada para trader kecil yang belum memiliki banyak pengalaman. Untuk cara kerjanya biasanya bisa menelepon investor dan mulai menyebarkan informasi palsu dengan mengatakan bahwa informasinya berasal dari orang dalam.

2. Skema Salah Nomor

Untuk skema salah nomor ini adalah pump dan dump dengan model paling terbaru. Biasanya trader akan menipu bahwa mendapatkan informasi dari orang yang dalam dan meneleponnya, namun setelah itu akan berpura-pura bahwa salah nomor. Padahal informasi yang telah disampaikan adalah palsu.

3. Skema Broiler Room

Di skema boiler room ini pelaku bukanlah seorang individu melainkan sebuah perusahaan broker yang dengan sengaja menjual saham dengan cara yang tidak jujur.

Biasanya targetnya adalah trader yang masih kurang pengalaman dengan memberikan promo yang tidak masuk akal. Dengan strategi tersebut maka dapat menipu dan mendapatkan keuntungan.

Cara Kerja dari Pump dan Dump

Sistem kerja dari pump dan dump ini memang dilakukan trader besar untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat dari trader kecil yang menciptakan kepanikan. Sehingga peristiwa ini akan otomatis menaikkan efek akumulasi pada transaksi penawaran dan penawaran pada pasar.

Skema ini akan dimulai dengan adanya pembelian dan penimbunan aset investasi yang dilakukan oleh seorang trader ataupun kelompok. Namun penimbunan dan pembelian itu akan dilakukan secara bertahap.

Setelah itu trader tersebut akan mulai memberikan informasi palsu pada trader kecil maka informasi tersebut berasal dari orang dalam. Setelah banyaknya yang membeli aset saham akan terjadi kelangkaan.

Sehingga hal ini akan menciptakan buying panic yang membuat taktik dari para trader tersebut berhasil. Kelangkaan yang terjadi akan membuat harga dari aset akan naik dua kali lipat, sehingga membuat trader kecil akan terserang panic selling juga.

Trader kecil akan mulai menjual aset saham tersebut dengan harga yang rendah dan mengalami kerugian. Kerugian yang dialami trader kecil tidak akan berpengaruh pada trader besar karena trader besar telah menguasai momen penjualan.

Cara Menghindari Pump dan Dump

Ada beberapa cara agar terhindar penipuan pelaku pump dan dump dalam dunia trading. Pertama sebaiknya perlu menganalisa dengan baik sebelum melakukan investasi kalau perlu orang yang telah berpengalaman dalam dunia trading.

Lalu jangan pernah menerima telepon dan pesan yang berkaitan tentang saham untuk tidak percaya dengan rumor yang tidak masuk akal.

Itulah penjelasan singkat tentang arti dari pump dalam trading yang akan sangat berguna bagi para trader pemula dalam dunia trading. Pahami sebelum tergabung menjadi trader.

Related Post