cara mengatasi hp bootloop

Mudah! Ini 5 Cara Mengatasi HP Bootloop

Bootloop adalah kejadian di mana hp Anda tidak bisa menyala dan hanya menampilkan logonya saja. Kondisi ini bisa terjadi secara berulang dan sangat menjengkelkan. Berikut terdapat beberapa mengatasi HP Bootloop yang bisa Anda coba.

Restart HP

Langkah pertama dan paling jika terjadi Bootloop pada Hp adalah dengan melakukan restart HP. Cara ini juga bisa disebut dengan soft reset. Matikan Hp Anda, kemudian keluarkan baterainya.

Atau jika baterai tanam, tekan tombol power sampai logo pada layar menghilang, kemudian tunggu beberapa saat. Setelah itu, tekan tombol power, kemudian tunggu hingga hp menyala.

Reset Pabrik

Reset pabrik merupakan cara mengatasi Hp Bootloop selanjutnya yang dapat mengakibatkan semua dan file dapat hilang dan kembali seperti ketika baru. Cara yang harus dilakukan adalah dengan mematikan Hp dan boot ke recovery mode kemudian pilih factory reset, selanjutnya klik reboot system now.

Instal Mod

Mod merupakan aplikasi modifikasi yang tampilannya sama dengan aplikasi aslinya. Hal ini dilakukan agar ketika aplikasi asli mengalami bootloop, Anda tetap bisa mengaksesnya melalui Mod. Sayangnya aplikasi ini tidak kompatibel pada beberapa jenis Hp.

Baca Juga -   Google Pixel 7a Kapan Dirilis Resmi? Harga Murah Tapi Tampilan Tetap Keren!

Flashing ROM

Jika hp Anda sering mengalami Bootloop, sebaiknya lakukan flashing ROM setelah melakukan restore backup. Flashing ROM ini dinilai menjadi salah satu cara mengatasi hp bootloop yang sangat ampuh. Selain itu, dengan cara ini, otomatis cache lama akan terhapus.

Hapus Cache

Jika yang mengalami Bootloop adalah salah satu aplikasi saja, cara ini bisa dilakukan, yaitu dengan menghapus file cache di handpone Anda. Caranya hampir sama dengan reset pabrik, yaitu dengan masuk ke recovery mode dahulu. Kemudian pilih wipe data, lalu jika sudah selesai pilih reboot now.

Ada beberapa cara berbeda saat mengakses recovery mode ini, tergantung jenis Hpnya. Seperti pada Samsung bisa pilih Home, kemudian klik tombol power + vomume up. Jika untuk Huawei klik tombol power + volume up. Untuk Asus tekan power+volume up sampai muncul logo, kemudian lepas tombol power.

Itulah beberapa cara mengatasi HP Bootloop yang bisa Anda coba. Cara paling mudah adalah dengan merestart HP karena tinggal mematikan dan menyalakan kembali HP. Cara ini dapat dilakukan jika masalah HP Bootloop ini jarang sekali terjadi.

Baca Juga -   Infinix Hot 12 Harga dan Spesifikasi, HP Entrilevel Buat Gaming