11 Cara Mengatasi Kelangkaan Tanpa Panik, Baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia!

RUJUKANNEWS.com – Kelangkaan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan manusia selalu meningkat, tetapi sarana untuk memenuhinya terbatas. Oleh karena itu, sangat perlu dicari cara mengatasi kelangkaan

Umam

cara mengatasi kelangkaan
11 Cara Mengatasi Kelangkaan Tanpa Panik, Baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Kelangkaan adalah suatu keadaan dimana kebutuhan manusia selalu meningkat, tetapi sarana untuk memenuhinya terbatas. Oleh karena itu, sangat perlu dicari cara mengatasi kelangkaan ekonomi.

Bagaimana Tanpa Panik?

cara mengatasi kelangkaan
11 Mengatasi Kelangkaan Tanpa Panik, Baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Ada banyak faktor yang menyebabkan kelangkaan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara mengatasi kelangkaan ekonomi berikutnya.

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang selalu meningkat, namun dengan sumber daya yang terbatas, terjadi kelangkaan.

Mengatasi kelangkaan ekonomi

Efek dari kelangkaan ekonomi yang mungkin kamu rasakan antara lain kenaikan harga jual, potensi kegagalan pasar, kelangkaan, dan lain-lain.

Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara mengatasi kelangkaan. Misalnya, penghematan penggunaan sumber daya alam.

Kelangkaan Sumber Daya Alam

1. Cara efektif mengatasi kelangkaan sumber daya alam antara lain:

2. Membuat rencana taktis untuk melestarikan sumber daya alam

3. Menghemat penggunaan sumber daya alam

4. Membuat alat baru untuk memenuhi kebutuhan

5. Mencari barang substitusi atau barang pengganti

7. Daur ulang, seperti reboisasi

Penggunaan secara terus menerus dalam jumlah banyak membuat sumber daya alam menjadi langka, sehingga diperlukan penghematan dalam penggunaan sumber daya alam.

Penghematan dapat dilakukan dengan bijak dalam mengeksploitasi sumber daya alam. Cara lain adalah dengan menciptakan sarana pemuas kebutuhan baru atau dengan barang pengganti.

Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi kelangkaan dengan membuat barang-barang yang dulunya berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan menggantinya dengan bahan yang dapat diperbaharui.

Kegiatan konservasi seperti penghijauan, terasering, atau daur ulang juga dapat mengatasi masalah kelangkaan sumber daya alam. Daur ulang adalah tindakan menggunakan kembali limbah dan mengubahnya menjadi baru.

Dengan kegiatan daur ulang, tentunya kamu akan mengurangi kegiatan penggunaan sumber daya alam sehingga dapat mengurangi kelangkaan.

Kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas

Cara mengatasi kelangkaan sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. Meningkatkan kualitas .

2. Sering-seringlah mengadakan pelatihan kerja dan keterampilan

3. Memotivasi karyawan

4. Memberikan seminar dan sosialisasi terkait pemanfaatan .

5. Membangun tempat penelitian

Salah satu faktor yang dapat menjadikan sumber daya manusia berkualitas adalah dengan pendidikan yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan agar dapat mengatasi kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas.

Menyelenggarakan pelatihan tenaga kerja dan kejuruan. Untuk menghasilkan barang atau produk yang berkualitas, tentunya dibutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan yang baik dan sesuai dengan bidangnya.

Untuk itu dengan adanya pelatihan keterampilan akan meningkatkan kapasitas tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Akhir Kata

Kelangkaan merupakan masalah ekonomi yang berdampak sulit pada ekonomi manusia. Maka dari itu, cara mengatasi kelangkaan juga harus diperhatikan.

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti geografi, sumber daya alam agar kelangkaan terjadi.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post