Cara Menghapus Cache di HP Samsung Sekaligus Untuk Semua Aplikasi

Keberadaan data cache memang bisa sangat bermanfaat untuk mempercepat jalannya aplikasi. Namun, di beberapa brand smartphone seperti Samsung. Keberadaan data cache yang berlebihan malah akan

Rianda

cara menghapus cache di hp samsung
cara menghapus cache di hp samsung

Keberadaan data cache memang bisa sangat bermanfaat untuk mempercepat jalannya . Namun, di beberapa brand seperti Samsung. Keberadaan data cache yang berlebihan malah akan membebani smartphone. Ada menghapus cache di Samsung dengan cepat.

Cara ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data cache pada setiap sistem dan aplikasi sekaligus. Jadi, tidak perlu bagi pengguna untuk membuka aplikasi satu per satu untuk menghapus cache. Walaupun, cara itu juga masih bisa dilakukan.

Cache bisa dikatakan sebagai data sekunder, penyimpanan cache ini bertujuan agar meningkatkan proses saat membuka aplikasi kembali. Namun, ada kalanya cache harus dihapus, berikut ini adalah ulasan caranya.

1. Buka Menu Setting Pada Smartphone Samsung

Akses untuk menghapus data cache pada smartphone Samsung ada pada menu pengaturan. Menu Pengaturan atau Settings ini bisa diakses langsung melalui tampilan menu utama. Pemilik smartphone juga bisa mengaksesnya melalui tab slide.

Pada menu pengaturan atau settings ini, pemilik akan menemukan berbagai sub menu yang berhubungan dengan sistem di dalam smartphone. Termasuk pengaturan penyimpanannya.

2. Membuka Menu Device Care

Samsung sudah menyediakan menu untuk perawatan smartphone secara berkala pada menu Pengaturan atau Settings ini. Nama menu tersebut adalah Device Care, penghapusan cache juga termasuk dalam perawatan smartphone secara berkala. Karena itu, pengguna bisa mengakses fitur penghapusan cache pada menu ini juga.

3. Membuka Opsi Perawatan Penyimpanan

selanjutnya adalah membuka opsi perawatan penyimpanan atau storage pada menu Device Care. Dalam menu Device Care memang pengaturan perawatannya tidak hanya terbatas pada penghapusan cache saja.

Ada berbagai menu perawatan lain yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik smartphone. Namun, untuk penghapusan cache. Karena hal tersebut mempengaruhi penyimapan smartphone. Maka pengaturan perawatan yang dipilih yang berkaitan dengan penyimpanan yaitu Storage.

4. Menekan Tombol Clean Now

Setelah membuka pilihan perawatan Storage, pengguna akan langsung melihat tombol ‘Clean Now'. Pada bagian atas tombol akan ada rincian seberapa besar memori smartphone yang sudah digunakan untuk penyimpanan cache dalam smartphone. Semua rincian itu mencakup setiap dan data cache semua aplikasi yang disimpan dan digunakan dalam smartphone Samsung.

Jadi, pengguna tidak perlu memilah-milah lagi dan bisa langsung menghapus cache dari setiap aplikasi sekaligus Cukup dengan menekan tombol ‘Clean Now'. Akan muncul lingkaran yang menunjukan proses penghapusan cache pada pengguna. Tunggu sampai proses dinyatakan selesai dan akan notifikasi bahwa memori sudah dibebaskan.

5. Cek Kapasitas Memori Smartphone

Penghapusan data cache secara otomatis akan memberikan tambahan ruang pada memori smartphone. Untuk memastikan proses penghapusan memang sudah berhasil. Pemilik smartphone Samsung bisa mengecek kapasitas memori smartphone. Karena itu, disarankan untuk para pemilik smartphone Samsung untuk mengecek terlebih dahulu.

Jika tidak terjadi perubahan atau perubahannya tidak sesuai dengan proses yang sebelumnya. Proses penghapusan bisa diulang sekali lagi, atau mungkin pengguna bisa mereset smartphone terlebih dahulu. Sebelum melakukan penghapusan cache lagi. Jumlah memori yang tersedia sebelum penghapusan dilakukan. Jika memang memori yang bebas bertambah ruangnya. Berarti penghapusan data cache sudah benar-benar dilakukan.

Itulah cara menghapus cache di HP Samsung secara sekaligus untuk semua aplikasi yang ada di smartphone. Dengan fitur device care yang dimiliki smartphone Samsung, pengguna tidak perlu lagi membuka aplikasi satu per satu untuk menghapus data cache.

Baca juga: Cara Melacak HP Samsung Hilang Memakai Find My Mobile, Mudah

Related Post