9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Paling Efektif, Mudah dan Cepat!

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah, seperti gel lidah buaya, madu, dan masker kunyit. Namun,

Umam

cara menghilangkan flek hitam di wajah
9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Paling Efektif, Mudah dan Cepat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah, seperti gel lidah buaya, madu, dan masker kunyit.

Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan alami tersebut membutuhkan waktu untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Bagaimana Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Paling Efektif?

cara menghilangkan flek hitam di wajah
9 yang Paling Efektif, Mudah dan Cepat! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Jika kamu ingin menghilangkan flek hitam secara efektif, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan jenis perawatan yang tepat. Yuk simak cara menghilangkan flek hitam di wajah pada ulasan berikut ini.

Mudah dan Cepat, Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Komedo merupakan titik atau bintik hitam yang biasanya muncul pada kulit wajah. Flek hitam di wajah dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Simak cara menghilangkan flek hitam di wajah pada ulasan berikut ini.

Penyebab flek hitam di wajah

Bintik hitam terjadi akibat peningkatan produksi hormon melanin yang memberikan warna alami pada kulit. Ada beberapa faktor yang memicu peningkatan produksi hormon melanin, di antaranya:

– Faktor genetik.

– Paparan sinar ultraviolet, seperti sinar matahari atau tanning bed.

– Penggunaan kontrasepsi hormonal yang memicu hiperpigmentasi.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan medis

Apakah flek hitam di wajah bisa hilang? Jawabannya bisa.

Selain itu, ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lidah Buaya

Menggunakan gel lidah buaya merupakan cara alami menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba.

Lidah buaya diketahui mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang mampu memudarkan flek hitam di wajah.

Untuk memudarkan komedo secara optimal, oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah secara rutin setiap malam sebelum tidur. Lalu, bilas sisa gel lidah buaya di pagi hari.

2. Madu

Madu memiliki senyawa yang bersifat antioksidan sehingga dapat membantu mengatasi berbagai jenis masalah kulit, salah satunya cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Biarkan masker madu selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Teh hijau

Cara alami menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Pasalnya teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghambat hiperpigmentasi sebagai salah satu penyebab flek hitam di wajah.

Selain itu, teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat karena membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengompreskan kantong teh hijau yang telah diseduh pada kulit wajah kamu sebanyak 2 kali sehari.

4. Masker kunyit

Masker wajah kunyit juga merupakan bahan alami yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Untuk membuatnya, kamu bisa mencampur bubuk kunyit dengan tawar atau plain. Oleskan masker wajah kunyit ke kulit wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah kamu dengan air hangat.

5. Krim pencerah wajah

Cara menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan krim pencerah wajah.

Namun, silakan diskusikan penggunaan krim wajah ini dengan dokter kulit untuk mengetahui bahan apa yang cocok dengan kondisi kulit kamu.

6. Pengelupasan kimiawi

Chemical peeling adalah perawatan eksfoliasi wajah untuk mengangkat kulit mati dengan menggunakan bahan kimia tertentu, seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam hidroksi beta (BHA), asam azelaic, asam salisilat, dan cairan asam lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membatasi perawatan chemical peel agar tidak berlebihan.

7.Perawatan laser

Perawatan laser merupakan cara menghilangkan flek hitam di wajah. Melalui perawatan ini, dokter akan menggunakan sinar laser untuk menyinari bagian wajah yang terdapat komedo.

Selanjutnya, sinar laser akan bekerja dengan mengurangi lapisan kulit di atas komedo.

8. Mikrodermabrasi

Microdermabrasion and It adalah perawatan flek hitam di wajah yang menggunakan butiran kristal halus dan penyedot debu khusus untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, mikrodermabrasi juga dapat membantu mengatasi kerutan, garis halus, dan bekas jerawat.

9. Bedah krio

Rhyosurgery adalah prosedur medis yang menggunakan nitrogen cair bersuhu rendah untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit pada bintik-bintik gelap.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis komedo bisa dihilangkan dengan prosedur cryosurgery ini.

Akhir Kata

Itulah berbagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa kamu coba. Jika kamu ingin menghilangkan komedo di wajah secara efektif, kamu dapat mengunjungi Rumah Sakit terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit kami.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post