4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Wajib Kamu Tahu, Penting Banget untuk Kesehatan!

RUJUKANNEWS.com – Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk mencapainya. Namun, sebelum mencoba menurunkan atau menambah

Umam

cara menghitung berat badan ideal
4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Wajib Kamu Tahu, Penting Banget untuk Kesehatan! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba untuk mencapainya. Namun, sebelum mencoba menurunkan atau menambah berat badan, tahukah kamu cara menghitung berat badan ideal?

Bagaimana Menghitung Berat Badan Ideal yang Wajib Kamu Tahu?

cara menghitung berat badan ideal
4 yang Wajib Kamu Tahu, Penting Banget untuk ! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling sehat bagi seseorang dengan mengacu pada tinggi badannya. Dengan kata lain, cara menghitung berat badan ideal juga wajib kamu ketahui.

Penting Banget untuk Kesehatan, Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Mengetahui cara menghitung berat badan ideal tentu penting dalam upaya menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini juga merupakan cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai .

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes melitus. Sedangkan berat badan yang terlalu rendah dapat menyebabkan anemia, osteoporosis dan gangguan pertumbuhan.

Berat badan ideal tidak ditunjukkan berdasarkan seberapa kurus tubuh kamu karena nilainya berbeda-beda pada setiap orang.

Misalnya seseorang dengan tinggi badan 150 cm tentu memiliki berat badan ideal yang berbeda dengan seseorang dengan tinggi badan 170 cm.

Cara menghitung berat badan ideal

Untuk mengetahui berat badan ideal kamu, kamu bisa membandingkannya dengan tinggi badan yang kamu miliki.

Oleh karena itu, sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal untuk kamu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tinggi badan kamu.

Di bawah ini adalah cara menggunakan rumus Broca.

Misal tinggi badan kamu 160 cm, berat badan ideal kamu adalah 60 kg.

Berat badan ideal pria berbeda dengan wanita.

Hal ini juga yang membuat berat badan wanita bertambah lebih cepat.

Berikut adalah rumus yang dapat kamu gunakan:

Misalnya, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158 cm, berat badan ideal kamu adalah 58 – 8,7 = 49,3 kg. Sebaliknya, jika kamu seorang pria dengan tinggi badan 170 cm, berat badan ideal kamu adalah 70 – 7 = 63 kg.

Perhitungan Indeks Massa Tubuh (BMI)

Cara menghitung berat badan ideal lain untuk menghitung berat badan ideal kamu adalah Body Mass Index (BMI). BMI adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan yang dapat diterapkan baik pada pria maupun wanita.

Untuk mengukur BMI, kamu harus membagi berat badan (dalam kilogram) dengan kuadrat tinggi badan (dalam sentimeter). Hasil pengukuran IMT dapat menunjukkan apakah berat badan kamu berada dalam kisaran ideal.

Berikut adalah rumus untuk menghitung BMI:

Setelah menghitung BMI, kamu dapat melihat apakah berat badan kamu dianggap ideal menurut kategori berikut (satuan kg/m2).

1. Kekurangan berat badan: BMI kurang dari 18,5

2. Normal: 18,5 – 22,9

3. Kegemukan (overweight): 23 – 27,5

4. : BMI lebih besar dari 27,5

Dengan rumus ini, IMT kamu adalah 21,48 kg/m2. Artinya BMI kamu normal dan berat badan kamu berada pada kisaran ideal.

Akhir Kata

Secara umum cara menghitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI adalah salah satu cara menjaga kesehatan.

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui apakah berat badan kamu normal dan apakah kamu berisiko mengalami masalah kesehatan terkait berat badan.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post