12 Langkah Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Power Point untuk Pembelajaran

Beragam fungsi dan fitur yang ada di Power Point ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat game edukasi. Oleh karena itu, aplikasi Power Point tak hanya

Syadir

game edukasi
Foto: Freepik/DCstudio

Beragam fungsi dan fitur yang ada di Power Point ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat . Oleh karena itu, aplikasi Power Point tak hanya digunakan untuk membuat bahan yang menarik baik untuk kebutuhan maupun kebutuhan umum seperti rapat.

Jadi, jika selama ini anggapan untuk membuat khususnya game edukasi yang memiliki tujuan untuk menunjang proses pembelajaran adalah hal yang sulit, maka dengan Power Point, Anda sebagai tenaga pendidik pun bisa dengan mudah membuat game meski berbentuk sederhana.

Manfaat Power Point untuk Membuat Game Edukasi

Trend penggunaan Power Point untuk membuat berbagai kebutuhan penunjang proses kegiatan dan mengajar sudah mulai marak dan populer dilakukan oleh para seiring dengan pemberlakuan aktivitas belajar secara atau dalam .

Aplikasi Power Point sendiri dipilih oleh para guru, karena aplikasi ini terbilang familiar dan hampir semua guru bisa mengoperasikan aplikasi Power Point meski masih dalam bentuk sederhana.

Banyak pemanfaatan aplikasi Power Point untuk membuat berbagai kebutuhan sebagai penunjang proses pembelajaran, seperti membuat animasi, kuis hingga bahkan membuat game edukasi dengan sepenuhnya memanfaatkan fitur dan tool yang ada di Power Point.

Membuat Game Edukasi dengan Power Point

Pengembangan berbagai fitur yang ada di aplikasi Power Point juga membuat para guru kian kreatif dalam mengembangkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran, salah satunya adalah membuat game edukasi yang sepenuhnya mengandalkan aplikasi PowerPoint.

Game edukasi sejenis Maze, Teka Teki Silang atau bahkan game kursor bisa dibuat dengan memanfaatkan aplikasi Power Point. Salah satu game edukasi paling populer dan aplikatif untuk proses pembelajaran dan juga cukup populer di kalangan peserta didik adalah game Maze.

Game ini bisa dengan mudah dan cepat dibuat, Anda bahkan bisa memanfaatkan karakter tiap siswa Anda agar terlihat lebih personal.

Langkah Membuat Game Edukasi Maze dengan Power Point

Berikut panduan langkah demi langkah membuat game Maze dengan aplikasi Power Point:

– Buka Power Point dengan versi minimal tahun 2010

– Buat proyek baru dengan memilih New File

– Buat dokumen slide, setelah itu pilihlah gambar shape Start dan tempatkan di slide kedua di lokasi obyek yang sama dengan slide pertama

– Setelah itu, Anda bisa memulai membuat rintangan untuk para pemainnya, kreasikan sesuai dengan kreativitas atau bisa juga dengan memanfaatkan berbagai gambar shape yang sudah disediakan di aplikasi Power Point.

– Pada bagian akhir, pilih gambar shape untuk dijadikan simbol Finish, kemudian hilangkan outline di seluruh shape yang ada di slide.

– Di slide terakhir, Anda harus membuat hasil dari tantangan yang sudah dijalani para pemain, bisa dengan menggunakan kata seperti You Win serta You Lose atau bisa juga menggunakan piala yang ada di menu shape PowerPoint

– Masih di slide yang sama, pilih shape kotak, kemudian drag ke seluruh slide dengan shape kotak tersebut.

– Setelah seluruh slide tertutupi dengan shape kotak, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih send to back

– Pilih background dan tempatkan di shape kotak kemduain pilih menu Insert kemudian Action, Mouse Over dan terakhir klik Slide

– Kemudian kembali lagi ke slide You Lose kemudian klik Ok, lakukan hal yang sama pula pada slide You Win

– Lakukan aksi berikut ini: Insert, pilih Action, pilih Mouse Click, pilih Next Slide kemudian pilih Ok. Lakukan hal yang sama pula pada slide Start dan Exit

– Periksa kembali game yang sudah Anda buat, jika sudah benar prosesnya, kemudian klik Save, selesai. Dan, game siap dimainkan.

 

Related Post