5 Kebiasaan yang Bikin Laptop Awet Walaupun dengan Pemakainya yang Intens!

Terkadang banyak orang yang salah persepsi, tentang cara merawat laptop agar bisa tahan lebih lama. Laptop awet bukan hanya sekedar kualitas produknya saja, akan tetapi

Syadir

laptop awet
(Sumber foto: Freepik) kebiasaan yang bisa bikin laptop awet dan tahan lama

Terkadang banyak orang yang salah persepsi, tentang merawat laptop agar bisa tahan lebih lama. Laptop awet bukan hanya sekedar kualitas produknya saja, akan tetapi juga bagaimana cara merawatnya.

Karena jika hanya mengandalkan merek ataupun brand-brand yang sudah besar, maka tidak menjamin kemungkinan bahwa laptop tersebut akan bisa bertahan lama atau tidak, atau yang bisa kita sebut dengan .

Apa Saja Kebiasaan yang Bikin Laptop Awet?

laptop awet
(Sumber foto: Freepik) kebiasaan yang bisa bikin laptop awet dan tahan lama

RujukanNews.com – Kalau umur rata-rata sebuah laptop tidak bisa ditentukan secara pasti, mungkin karena setiap brand yang mengeluarkan produk laptopnya juga berbeda-beda. Oleh karena itulah, mari simak dan cara agar laptop awet dan tahan lama.

1. Selalu Periksa Adaptor Charger

Selalu pastikan agar adaptor charger pada laptop disambungkan ketika kamu menggunakannya saja, jangan selalu dinyalakan ataupun digunakan setiap saat. Karena hal tersebut bisa membuat adaptor charger cepat rusak.

bisa dengan cara memeriksa adaptor chargernya dulu. Maka dari itulah yang pertama adalah tetap memeriksa adaptor charger, sebab hal itu juga akan berpengaruh pada performa baterainya.

2. Jangan Pernah Gunakan Bantalan pada Laptop

Salah satu cara merawat laptop yang bagus dan awet adalah jangan pernah menggunakan bantalan empuk pada laptop. Karena bisa mengganggu sirkulasi pembuangan panas dari kipasnya sendiri, dan bahkan laptop juga akan lebih panas.

Selalu gunakan bantalan yang keras, atau enggak bisa menggunakan bantalan yang lurus agar sirkulasi dari kipas pembuangan panas pada laptop bisa tetap aman, dan pastinya laptop yang kamu beli akan tetap awet.

3. Bersihkan Cache dan History

Dengan membersihkan sebisa mungkin cache dan history pada chrome ketika sudah selesai digunakan, maka juga sangat penting. Memang benar, saat ini kapasitas RAM dari laptop semakin besar.

Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tetap membersihkan history pada ketika sudah selesai digunakan. Dengan begitu, laptop tidak akan mudah lemot, walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

4. Lakukan Secara Rutin Perawatan

Salah satu cara yang harus dilakukan agar laptop tetap awet adalah melakukan perawatan secara rutin. Karena hal ini sangat membantu performa dari laptop itu sendiri. Agar merk laptop yang awet yang paling tetap bisa membersihkan debu dari kipasnya.

Minimal pembersihan secara rutin ini dilakukan 3 bulan sekali, atau bahkan mungkin bisa kurang dari itu. Supaya tidak ada kotoran yang tersisa di mesin laptop itu sendiri, dengan begitu performanya juga semakin kencang.

5. Menggunakan Tas yang Tahan Terhadap Benturan

Tips terakhir mengenai cara merawat adalah menggunakan tas yang tahan terhadap benturan. Karena laptop adalah barang elektronik yang rawan, maka gunakanlah tas yang kuat ketika ingin bepergian.

Akan tetapi, pastikan juga laptop dalam keadaan mati ketika ingin dibawa kemana-mana, karena jika masih ataupun hanya di sleep saja, maka laptop tersebut akan lebih sering kepencet-pencet dan membuat laptop semakin lemot.

Akhir Kata

Karena saat ini kebutuhan dari laptop yang semakin tinggi, mengingat setiap pekerjaan membutuhkan laptop. Jadi kamu yang memiliki laptop harus pintar-pintar merawatnya ya. Silahkan ikuti beberapa tips diatas terkait cara bikin laptop awet walaupun digunakan intens.

Oh iya, bagi kamu yang ingin membeli kebutuhan lengkap terkait komputer, mouse, keywboard, processor, motherboard, hard disk, dan yang lainnya, kamu bisa membelinya di link berikut ini (toko Shopee).

Selalu ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh berita terupdate seputaran teknologi, gadget, laptop, dan lain-lain, jangan lupa share juga ya artikel ini, agar ini semakin berkembang. Sampai jumpa lagi ya, bye-bye…

Related Post