Islam  

Apakah Boleh Mandi Wajib Setelah Sahur? Temukan Jawabannya Disini!

mandi wajib setelah sahur
mandi wajib setelah sahur

Umat muslim sudah memasuki bulan yang suci dan penuh rahmat, apalagi kalau bulan suci Ramdhan.

Namun masih banyak yang belum tahu mengenai, apakah boleh mandi wajib setelah sahur?

Jika kalian penasaran terkait jawaban dari apakah boleh mandi wajib setelah sahur? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Apakah Boleh Mandi Wajib Setelah Sahur?

mandi wajib setelah sahur

Puasa adalah menahan diri dari hawa nafsu di siang hari, entah itu menahan diri dari rasa lapar, ataupun gibah dengan orang lain.

Sejatinya puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi seorang muslim, untuk itulah kita harus selalu menjaga diri agar terhindar dari apa-apa yang membatalkan puasa.

Akan tetapi, banyak yang belum tahu mengenai apakah boleh mandi wajib setelah sahur?

Jawabannya sendiri sudah pasti boleh, karena apa? Karena di waktu subuh tiba, kita malah sudah tidak boleh makan lagi.

Baca Juga -   Tata Cara Sholat Tarawih Jika Dilakukan Sendiri, Lengkap Dengan Bacaan Niatnya!

Jadi melalui pertimbangan tersebut, maka boleh sekali melakukan mandi wajib setelah sahur tiba.

Sahur Dulu Atau Mandi Wajib Dulu

Namun, ada juga yang bertanya, sahur dulu ataukah mandi dulu. Jawabannya juga sangat simple, alangkah baiknya sahur dulu.

Sebagaimana keterangan dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan: Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berada dalam kondisi junub, kemudian beliau ingin makan atau tidur, beliau berwudhu sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. (H.r Muslim, 305).

Namun, ketika hendak melaksanakan sholat subuh maka mandi wajib terlebih dahulu. Allah berfirman, “Jika kalian dalam keadaan junub, bersucilah. (QS Al-Maidah: 6).

Akhir Kata dan Penutup!

Nah, itulah penjelasan lengkat terkait apakah boleh mandi wajib setelah sahur? Marhaban ya Ramadhan. Jadikan bulan suci ini sebagai bulan untuk mendekatkan diri kepadanya.

Akan ada bulan dimana, siang diisi kebaikan, dan malamnya kita belajar suci Al-Qur’an. Ramadhan akan selalu jadi penerang dari hati yang mulai remang.

Jika ada kesalahan ataupun typo dalam tulisan, mohon maaf yang sebesar-besarnya ya. Karena manusia tidak ada yang sempurna dan tempatnya salah.

Baca Juga -   Mengenal dan Menanamkan 4 Sifat Rasulullah Sejak Dini

Dengan begitu sebuah kesalahan akan menjadi pembelajaran supaya lebih baik kedepannya.

Artikel ini bisa kalian share kepada teman, sahabat, gebetan, pacar, ataupun bahkan mantan pacar, supaya penulis lebih giat lagi untuk mengupdate artikel yang menarik lainnya.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa ikuti terus informasi-informasi menarik lainnya dari Rujukan News ya. Bye-Bye…