Inilah 5 Perbedaan Investasi Dan Trading, Pemula Wajib Tahu

Istilah investasi dan trading sebagai kegiatan yang mengandalkan saham seringkali dianggap merupakan kegiatan yang sama, namun nyatanya keduanya berbeda. Perbedaan investasi dan trading ini dapat

Rianda

perbedaan investasi dan trading

Istilah dan sebagai kegiatan yang mengandalkan seringkali dianggap merupakan kegiatan yang sama, namun nyatanya keduanya berbeda. ini dapat dilihat dari makna maupun praktiknya.

Saat ini masyarakat banyak yang mencari keuntungan lewat saham, baik dengan bermain trading maupun investasi. Kedua jenis pasar saham ini sering disama artikan namun kenyataannya berbeda dalam beberapa hal, mari lihat beberapa perbedaan berikut:

Table of Contents

1. Tujuan

Perbedaan investasi dan trading yang paling mendasar adalah tujuan dari melakukan kegiatan tersebut. Kedua kegiatan yang berkaitan dengan saham ini memiliki tujuan yang berbeda dalam menghasilkan kekayaan.

Investasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dan kekayaan untuk waktu yang lama. Misalnya seorang investor membeli saham yang bagus dan menahannya. Investasi ini dapat berlangsung dalam jangka panjang bahkan berdekade.

Berbeda dengan investasi, trading bertujuan untuk menghasilkan kekayaan dalam waktu singkat. Trading merupakan kegiatan yang dipengaruhi oleh fluktuasi pasar sehingga dilakukan perlu pengambilan keputusan yang tepat dan cepat.

2. Keuntungan

Pelaku investasi maupun trading akan mendapatkan keuntungan dari jual beli saham. Namun demikian, keduanya memiliki perbedaan dalam bentuk keuntungan yang akan didapatkan.

Investor yang membeli atau menanamkan sahamnya pada suatu aset akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti bonus, dividen, stock split, dan lainnya. Sementara itu, trader akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain.

Trader akan mendapatkan capital gain saat membeli saham kemudian menjual sahamnya lagi. Selisih harga dalam jual beli saham itulah yang dinamakan capital gain. Capital gain didapat ketika trader pandai mengamati pergerakan harga di bursa.

3. Risiko

Disamping keuntungan yang akan didapat dalam melakukan jual beli saham ini, kegiatan ini juga memiliki risiko tersendiri. Pada investasi, meskipun instrument sahamnya dapat berpotensi jangka panjang tetapi juga cukup berisiko tergantung produk investasinya.

Dibandingkan dengan investasi, trading dianggap lebih berisiko, karena bergantung fluktuasi harga di pasar saham. Berkaitan dengan hal para trader harap cukup berpengalaman dan pandai dalam menganalisis keuntungan dalam waktu singkat.

4. Profil Risiko

Profil risiko berkaitan dengan risiko yang didapat baik dalam melakukan investasi maupun trading. Dalam profil risiko ini dapat terlihat jelas perbedaan investasi dan trading.

Semakin tinggi risiko yang didapat maka potensi imbal hasil yang akan didapat juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu sebelum mulai menanamkan saham maka kenali terlebih dahulu profil risikonya.

Pada investasi, ada tipe investor konservatif yang menaruh uang pada produk beresiko rendah seperti deposito dan reksadana. Adapun tipe investor agresif akan menaruh saham pada produk dengan tingkat toleransi risiko tinggi seperti saham.

Trader masuk pada kategori orang dengan profil risiko yang super agresif karena trading sendiri cukup berpotensi mengalami kerugian. Oleh karena itu trader dituntut jeli dalam mengamati pergerakan harga di pasar kemudian mengambil keputusan dengan tepat.

5. Elemen Pelindung Aset

Disamping risiko yang didapat investor maupun trader, ada elemen pelindung aset yang dapat mengurangi kerugian. Kalau ini elemen pelindung asetnya ada pada produk investasi tersebut yang dapat digunakan dalam jangka panjang sesuai tujuan investasi.

Dengan jangka panjang tersebut maka investor tidak perlu khawatir pada kenaikan atau penurunan harga. Hal ini karena fluktuasi harga ini akan terus berubah dalam waktu harian atau mingguan.

Berbeda lagi dengan trading yang memiliki elemen pelindung aset berupa stop loss. Stop loss ini merupakan batas kerugian yang ditentukan oleh trader itu sendiri. Adapun take profit yaitu Batasan untuk membatasi keuntungan seorang trader.

Itulah 5 perbedaan investasi dan trading yang dapat menambah wawasan para pemula dalam pasar saham. Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan ini dapat membantu menentukan pilihan dalam bermain saham.

Related Post