5 Resep Pastel Kering Isi Abon Renyah Tahan Lama, Menu Camilan Hari H Lebaran!

RUJUKANNEWS.com – Salah satu jajanan atau kue basah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah kue kering. Apalagi hari-hari menjelang lebaran pastinya resep pastel

Umam

resep pastel kering isi abon renyah tahan lama
5 Resep Pastel Kering Isi Abon Renyah Tahan Lama, Menu Camilan Hari H Lebaran! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

RUJUKANNEWS.com – Salah satu jajanan atau kue basah yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah kue kering. Apalagi hari-hari menjelang lebaran pastinya resep pastel kering isi abon renyah tahan lama sangat dicari bukan.

Ada beberapa jenis kue pie dengan berbagai isian yang bisa kamu kreasikan sesuai selera. Oleh karena itulah, kali ini akan membahas daftar dan membuat kue kering.

Daftar

resep pastel kering isi abon renyah tahan lama
5 Resep Pastel Kering Isi Abon Renyah Tahan Lama, Menu Camilan Hari H Lebaran! (sumber foto: freepik) | Ilustrasi

Beberapa resep kue kering yang akan disajikan pada artikel kali ini tidak membutuhkan bahan kue yang sulit didapatkan. Selain itu juga akan dibahas resep pastel kering isi abon renyah tahan lama cukup mudah kok.

Menu Camilan Hari H Lebaran, Resep Pastel Kering Isi Abon Renyah Tahan Lama

Bagaimana cara membuat dan resep pastel kering isi abon renyah tahan lama? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Kue pastel kering isi abon

Adapun resep pastel kering isi abon renyah tahan lama pertama diisi dengan kue yang dihancurkan. Sebelum masuk ke cara membuat kue kering isi yang dihaluskan, bahan yang harus kamu siapkan adalah :

– 300 gram tepung terigu

– 1 sendok makan tepung sagu

– 1 telur kocok

– 100 gram margarin

– Garam secukupnya

– 200 gram benang sapi

– Minyak secukupnya

Cara pembuatannya sebagai berikut:

– Langkah pertama dalam membuat resep puff pastry yang renyah dan tahan lama ini adalah dengan membuat adonan untuk kulit pienya.

– Pertama, masukkan tepung terigu dan tepung sagu ke dalam mangkuk dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian tambahkan margarin, telur, dan garam, aduk rata.

– Regangkan adonan dan potong menjadi bentuk. Perkenalkan adonan yang sudah disiapkan, dan lipat kue hingga kering.

– Lakukan ini sampai kamu kehabisan adonan dan benang. Panaskan minyak lalu goreng empanada hingga kering. Kue yang telah dihancurkan siap untuk dinikmati.

2. Pai pastel isi ayam suwir

Dengan resep pastel kering isi abon renyah tahan lama berikut ini menggunakan ayam suwir sebagai isiannya.

Sebelum kita membahas tentang cara membuat kue kering isi ayam suwir yang renyah dan gurih, bahan-bahan yang kamu siapkan untuk membuat resep kue kering adalah :

– 600 gram tepung terigu

– 1 sendok teh soda kue

– 250 gram margarin

– jumlah minyak yang tepat

– 5 butir telur ayam

– 200 gram ayam suwir

– Udang secukupnya

– 1 sendok teh garam halus

– 6 sendok makan air

Cara pembuatannya sebagai berikut:

– Langkah pertama dalam resep pastel kering isi abon renyah tahan lama ini adalah membuat adonan dengan menambahkan tepung terigu, soda bikarbonat, dan garam halus secukupnya.

– Aduk sampai tercampur rata. Kemudian tambahkan margarin dan air perlahan, aduk hingga membentuk adonan. Terakhir masukkan telur dan aduk hingga adonan menjadi kalis dan kalis.

– Regangkan adonan dan potong menjadi bentuk. Selanjutnya masukkan ayam suwir dan serundeng.

– Cetak dan kerjakan sampai habis semua adonan dan bahan isiannya. Siapkan minyak panas dan goreng kue sampai kering. Pai isi ayam suwir siap dinikmati.

3. Mie isi pastel

Resep pastel kering isi abon renyah tahan lama berikut merupakan kue yang umum kita jumpai yaitu kue isi mie. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pasta mie adalah:

– 250 gram tepung terigu

– 1 telur kocok

– 40 gram margarin

– 100 ml air

– Garam secukupnya

– Minyak goreng

– 150 gram mie, rendam air panas

– 3 buah wortel, potong dadu

– 2 daun bawang, cincang halus

– 3 butir telur ayam rebus, iris tipis

Cara pembuatannya sebagai berikut:

– Setelah menyiapkan bahan-bahannya, langkah pertama dalam membuat kue yang enak ini adalah masukkan tepung terigu dan margarin ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga rata.

– Kemudian masukkan telur yang sudah dikocok lepas, dan aduk terus sampai adonan bisa dibentuk. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit.

– Selanjutnya haluskan massa hingga halus dan potong-potong, lalu tambahkan mie, wortel, daun bawang dan telur ayam rebus.

– Goreng kue hingga kering dan berubah warna. Kue isi mie siap dinikmati.

4. Pai pastel isi sayuran basah

Bahan-bahan yang diperlukan dalam resep kue kering isi sayuran ini adalah:

– 200 gram wortel rebus dan cincang

– 1 batang daun seledri, cincang

– 2 sendok makan tepung

– 1 sendok teh bubuk

– 2 sendok teh gula

– 1 siung bawang putih, cincang

– 1 buah bawang bombay, cincang

– 1/8 sendok teh pala bubuk

– Merica untuk rasa

– 50 ml air

– jumlah minyak yang tepat

Cara pembuatannya sebagai berikut:

– Langkah pertama untuk membuat pastel pai berisi sayuran lembab yang satu ini adalah membuat adonan untuk kulit pai. Setelah adonan jadi, pesan dulu.

– Selanjutnya buat isian sayuran, tumis bawang putih dan bawang merah. Kemudian tambahkan sedikit tepung terigu, aduk hingga rata.

– Kemudian tambahkan wortel dan kentang, lalu tambahkan kaldu ayam beserta merica bubuk, gula, dan seledri. Masak hingga matang.

– Selanjutnya cetak bahan basah isian sayur dengan adonan kulit pastel yang sudah kamu buat.

– Cetak sampai se menyelesaikan adonan dan juga menyelesaikan isian sayuran basah. Siapkan minyak panas untuk menggoreng sayur.

– Goreng hingga kering, dan pai sayur siap disajikan.

5. Kue pastel mini

Bahan-bahan yang diperlukan dalam resep pastel kering isi abon renyah tahan lama ini sama dengan bahan untuk membuat kue kering yaitu :

– 300 gram tepung terigu

– 1 sendok makan tepung sagu

– 1 telur kocok

– 100 gram margarin

– Garam secukupnya

– 200 gram benang sapi

– Minyak secukupnya

Cara pembuatannya sebagai berikut:

– Beda res pastel ini dengan resep kue bolu yang dihaluskan lembut di atas adalah kesan pastel yang dibuat mini dan kecil.

– Besar kecilnya kue tentunya tergantung selera kamu. Keunggulan kue mini adalah dapat menghasilkan banyak kue untuk dinikmati lebih banyak orang.

Akhir Kata

Dengan kata lain resep pastel kering isi abon renyah tahan lama ini sangat dibutuhkan untuk kamu yang ingin membuat menu camilan hari lebaran yang tetap renyah.

Bagi kamu yang kebingungan mencari produk terbaru dari parfume dan baju lebaran, cek langsung di ya, silahkan klik di link berikut (Tokopedia).

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh informasi menarik seputar yang lainnya. Bye-bye…

Related Post