5 Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online Agar Bisa Mendapatkan Barang yang Berkualitas

tips membeli laptop bekas
(Sumber foto: Freepik) tips membeli laptop bekas secara online atau di toko online

Umur laptop memang memiliki sebuah batas, maka dari itu perlunya merawat sebaik mungkin agar laptop bisa tetap awet. Lantas apasajakah tips membeli laptop bekas secara online agar bisa mendapatkan barang yang berkualitas?

Sebenarnya tipsnya cukup simple sih, tidak muluk-muluk dan juga tidak terlalu ribet. Untuk itulah, jika kamu penasaran dengan pembahasa mengenai tips membeli laptop bekas secara online, yuk simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa Saja Tips Membeli Laptop Bekas Secara Online?

tips membeli laptop bekas
(Sumber foto: Freepik) tips membeli laptop bekas secara online atau di toko online

RujukanNews.com – Kalau umur rata-rata sebuah laptop tidak bisa ditentukan secara pasti, mungkin karena setiap brand yang mengeluarkan produk laptopnya juga berbeda-beda. Berikut ini beberapa tips membeli laptop bekas secara online agar tidak tertipu dengan penjual yang curang.

1. Selalu Periksa Adaptor Charger

Selalu pastikan agar adaptor charger pada laptop disambungkan ketika kamu menggunakannya saja, jangan selalu dinyalakan ataupun digunakan setiap saat. Karena hal tersebut bisa membuat adaptor charger cepat rusak.

Baca Juga -   7 Cara Analisis Peluang Usaha yang Efektif, Panduan Terbaru 2022 dalam Membuka Bisnis!

Dengan begitu, laptop yang kamu miliki bisa tetap awet dan tahan lama. Maka dari itulah tips membeli laptop bekas online harus tetap memeriksa adaptor charger terlebih dahulu, sebab hal itu juga akan berpengaruh pada performa baterainya.

2. Periksa Bagian Bawah Laptop

Salah satu cara merawat laptop baru beli adalah jangan pernah menggunakan bantalan empuk pada laptop. Karena bisa mengganggu sirkulasi pembuangan panas dari kipasnya sendiri, dan bahkan laptop juga akan lebih panas.

Selalu gunakan bantalan yang keras, atau enggak bisa menggunakan bantalan yang lurus agar sirkulasi dari kipas pembuangan panas pada laptop bisa tetap aman, dan pastinya laptop yang kamu beli akan tetap awet. Tips membeli laptop bekas online ini juga bisa menjadi refrensi pembelian.

3. Melihat Cache dan History

Cara merawat laptop agar tidak lemot adalah dengan membersihkan sebisa mungkin cache dan history pada chrome ketika sudah selesai digunakan. Memang benar, saat ini kapasitas RAM dari laptop semakin besar.

Akan tetapi, alangkah baiknya untuk tetap membersihkan history pada internet ketika sudah selesai digunakan. Dengan begitu, tips membeli laptop bekas untuk mahasiswa yaitu melihat riwayat dari laptop yang ingin dibeli.

Baca Juga -   7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Cepat! (Panduan Terlengkap 2022)

4. Coba cek Perawatan Laptop

Salah satu cara yang harus dilakukan agar laptop tetap awet adalah melakukan perawatan secara rutin. Karena hal ini sangat membantu performa dari laptop itu sendiri. tips membeli laptop bekas untuk mahasiswa yang satu ini juga harus kamu perhatikan.

Minimal pembersihan secara rutin ini dilakukan 3 bulan sekali, atau bahkan mungkin bisa kurang dari itu. Supaya tidak ada kotoran yang tersisa di mesin laptop itu sendiri, dengan begitu performanya juga semakin kencang.

5. Periksa Casing Apakah Terdapat Lecet ataupun Tidak

Tips terakhir mengenai cara merawat laptop agar tetap bertahan lama adalah menggunakan tas yang tahan terhadap benturan. Karena laptop adalah barang elektronik yang rawan, maka gunakanlah tas yang kuat ketika ingin bepergian.

Akan tetapi, pastikan juga laptop dalam keadaan mati ketika ingin dibawa kemana-mana, karena jika masih hidup ataupun hanya di sleep saja, maka laptop tersebut akan lebih sering kepencet-pencet dan membuat laptop semakin lemot.

Cara membeli laptop bekas agar tidak tertipu yaitu dengan memeriksa casing laptopnya apakah laptop tersebut sudah baret ataupun tidak, nyatanya banyak penjual yang tidak jujur menjual produknya dengan harga yang murah namun kualitas sangat buruk.

Baca Juga -   Promo Menu McD 2022 yang Wajib Kalian Pilih! Banyak Pilihan di Bulan Ramadhan!

Akhir Kata

Tips membeli laptop bekas secara online ataupun di toko online benar-benar harus diperhatikan produknya terlebih dahulu, karena sekarang ini banyak kasus penjual yang hanya mementingkan keuntungan, sehingga barang ataupun produk yang dijual memiliki kualitas jelek.

Oh iya, bagi kamu yang ingin membeli kebutuhan lengkap terkait komputer, mouse, keywboard, processor, motherboard, hard disk, dan yang lainnya, kamu bisa membelinya di link berikut ini (toko Shopee).

Selalu ikuti terus Rujukan News untuk memperoleh berita terupdate seputaran teknologi, gadget, laptop, dan lain-lain, jangan lupa share juga ya artikel ini, agar website ini semakin berkembang. Sampai jumpa lagi ya, bye-bye…