Niat Mandi Idul Adha Lengkap dengan Terjemahannya

Idul Adha berapa hari lagi, sebagai umat muslim kita senantiasa berdoa kepada Sang Maha Pencipta agar selalu diberi keberkahan. Sebelum menjelang hari tersebut, banyak yang

Syadir

niat mandi idul adha
(Sumber foto: Wartakota) niat mandi idul adha

Idul Adha berapa hari lagi, sebagai umat muslim kita senantiasa berdoa kepada Sang Maha Pencipta agar selalu diberi keberkahan.

Sebelum menjelang hari tersebut, banyak yang masih bertanya bagaimana niat mandi Idul Adha tersebut?

Jika penasaran, bagaimana tersebut? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Bacaan Niat Mandi Idul Adha

niat mandi idul adha
(Sumber foto: palopopos) niat mandi idul adha

RujukanNews.com – Sebelum menjalankah sholat sunnah Idul Adha, kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan mandi dan keramas terlebih dahulu.

Dengna begitu, seluruh badan kita akan terbebas dari najis dan juga pastinya lebih segar lagi ketika menjalankah sholat sunnah di hari raya Idul Adha.

Berikut ini bacaan niat mandi Idul Adha:

نَوَيْتُ الْ غُسْلَ لِيَو ْمِ عِيْدِ ا لْاَضْحَى ِ سُنَّةً ِلله ِ تَعَالَى

Bacaan latinnya:

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil Adha sumbatan Lillahi Ta'aalaa.

Artinya dalam bahasa Indonesia:

Saya niat mandi pada sunnah karena Allah Ta'ala.

Pemerintah Indonesia menetapkan awal pelaksanaan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah di penanggalan Masehi jatuh pada tanggal 1 sampai 7 Juli 2022.

Karena banyaknya pahala yang bisa kita dapat jika menjalankan dengan ikhlas puasa-puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini.

Mudah-mudahan Sang Maha Pencipta ridho dengan keikhlasan umat muslim yang senantiasa berdoa dan memohon ampunan-NYA.

Dalam pelaksanaan puasa Dzulhijjah ini, dilandasi dari riwayat hadist yang dikisahkan oleh Hafshah dari Umar bin Khattab RA.

Adapun hadistnya yaitu:

عَنْ حَفْصَةَ قَالَتْ أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Dari Hafshah RA, ia berkata, Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yaitu, puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh, (HR Ahmad dan An Nasa'i).

Banyak yang masih bertanya apakah sama antara takbir untuk hari raya Idul fitri dan takbir Idul Adha itu? Jawabannya sama.

Kalangan ulama juga mengatakan bahwa membaca takbir diisyaratkan dalam Idul Adha, atas dasar firman-NYA.

{وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ [فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ] عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ}

Artinya: Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. (Surat Al-Hajj: 28).

Akhir Kata dan Penutup

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait bacaan niat mandi Idul Adha dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya Indonesia.

Selain melakukan amalan wajib, sebaiknya kita sebagai umat muslim yang baik juga kerap melakukan amalan sunnah, agar mendapatkan ridho dari-NYA.

Jika ada kesalahan ataupun typo dalam tulisan, mohon maaf yang sebesar-besarnya ya. Karena manusia tidak ada yang sempurna dan tempatnya salah.

Dengan begitu sebuah kesalahan akan menjadi pembelajaran supaya lebih baik kedepannya.

Artikel ini bisa kalian share kepada teman, sahabat, gebetan, pacar, ataupun bahkan mantan pacar, supaya penulis lebih giat lagi untuk mengupdate artikel yang menarik lainnya.

Sekian dulu dan terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa ikuti terus informasi-informasi menarik lainnya dari Rujukan News ya. Sampai jumpa lagi ya…

Related Post