5 Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat, Jangan Salah

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahawa 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Tentu, hal tersebut sangat mengejutkan mengingat banyak pekerjaan yang

Rianda

cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat
cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahawa 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. Tentu, hal tersebut sangat mengejutkan mengingat banyak pekerjaan yang dijalani berdasarkan jurusan yang dipilih. Ada banyak menentukan sesuai minat dan bakat agar mahasiswa tidak salah pilih jurusan.

Namun, banyak orang yang bingung mengenai minat dan bakat yang dimiliki, sehingga tidak bisa mengembangkan bakat yang sudah dimiliki dari lahir. Jurusan yang dipilih berdasarkan minat dan bakat akan membuat mahasiswa semangat dan menikmati proses. Berikut ini cara jitu menentukan jurusan berdasarkan minat dan bakat:

1. Kenali Hobi dan Hal yang Membuat Penasaran dan Tertarik

yang pertama adalah dengan mengetahui hobi serta hal-hal yang membuat tertarik saat melakukannya. Hobi dapat menjadi patokan untuk memilih jurusan karena melakukan kegiatan yang disenangi  dapat membuat seseorang bersemangat dan mencari tahu lebih dalam seputar hobi yang disukai.

Cara ini dapat dilakukan dengan menuliskan dan merumuskan hobi dan hal yang membuat penasaran dan tertarik. Misal, ada ketertarikan dengan menggambar dan menulis, maka jurusan yang bisa dipilih diantaranya jurnalistik, sastra, ilmu komunikasi, desain grafis, desain interior, dan lain-lain.

2. Ketahui Hal-hal yang Membuat Termotivasi

Jika ada hal yang membuat diri termotivasi melakukan suatu hal di bidang tertentu. Maka tidak ada salahnya dengan memilih jurusan di bidang tersebut. Misalnya, saat menonton yang menginspirasi dari pengusaha , maka ada motivasi untuk menjadi sosok seperti orang-orang ternama tersebut.

Dari inspirasi tersebut, jurusan kuliah sesuai minat dan bakat bisa ditentukan dan impian bisa menjadi kenyataan. Mulai sekarang, pastikan hal-hal membuat menarik minat dan ingin dikuasai lebih dalam. Selain itu, profesi yang ingin dicapai dan hal-hal yang membuat termotivasi juga bisa dituliskan.

3. Perhatikan Bidang yang Dikuasai

Cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengenali bidang yang dikuasai. Banyak orang tidak menyadari potensi yang dimiliki dan tidak perhatikan, sehingga potensi tersebut tidak berkembang.

Cari tahu dan catat hal-hal baik yang sudah dilakukan, misalnya, ada orang yang sering diandalkan dalam hal menggambar, public speaking, atau kerap dipercaya menjadi bendahara di kelas. Tanyakan pada orang sekitar dan minta pendapatnya, jika memang belum yakin mengenai bidang yang benar-benar dikuasai.

4. Amati Prestasi Akademik yang Sudah Dicapai

Jika masih bingung tentang bidang yang dikuasai, coba lakukan cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat dengan mengamati prestasi akademik yang sudah dicapai di . Temukan mata pelajaran yang mendapatkan nilai paling bagus dan diperoleh dengan jujur. Maka, nilai yang diraih dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah.

Selain itu, buat daftar nilai dan tentukan nilai dalam kelompok yakni matematika, sains, sosial, dan bahasa. Kemudian, bagilah sesuai bidang yang lebih detail untuk menentukan jurusan yang sesuai. Sudah tahu bidang yang dikuasai dan menarik minat untuk dipelajari? Simak informasi selanjutnya!

5. Perbanyak Informasi Mengenai Jurusan yang Ingin Dituju

Hal yang tidak kalah penting adalah memperbanyak informasi seputar jurusan yang akan dituju mulai dari program studi, kemampuan yang dibutuhkan, hingga prospek kerjanya. Cara ini dilakukan agar memperoleh gambaran mengenai kuliah yang akan dijalani nantinya. Selain itu, cara ini ini dilakukan untuk menyesuaikan minat dan bakat yang dimiliki.

Itulah 5 cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat yang dapat diterapkan agar tidak salah memilih jurusan. Jika masih belum mendapatkan jawaban tentang jurusan yang dipilih. Konsultasikan dengan bimbingan konseling agar jurusan kuliah yang dipilih lebih terarah. Semoga membantu!

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS, Prospek Kerja Cemerlang

Related Post